Rabu 09 Aug 2023 17:22 WIB

Risiko Meningkat, BRI Finance Optimistis Mampu Jaga Kualitas Pembiayaan

Industri pembiayaan diperkirakan menghadapi sejumlah tantangan ke depannya.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo BRI Finance
Foto: BRI Finance
Logo BRI Finance

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) optimistis dapat mempertahankan kinerja yang positif serta menjaga kualitas pembiayaan dengan proyeksi non-performing financing (NPF) di bawah 2 persen di tengah risiko industri yang meningkat pada semester II 2023.

Pelaksana Tugas Direktur Manajemen Risiko BRI Finance Ari Prayuwana mengatakan perseroan tetap optimis piutang pembiayaan tetap tumbuh dengan baik pada semester II 2023. Kendati industri pembiayaan diperkirakan menghadapi sejumlah tantangan ke depannya.

Baca Juga

“Kami tetap optimistis piutang pembiayaan tetap tumbuh dengan baik pada semester II 2023. Tantangan-tantangan bisa saja terjadi, namun di sisi lain asosiasi seperti Gaikindo optimistis penjualan mobil pada tahun 2023 akan tetap berada dalam tren yang positif. Itu menjadi sinyal positif bagi kami. Kami juga terus melakukan ekspansi pembiayaan mobil bekas dan fasilitas dana, yang diharapkan mampu tetap menjaga pertumbuhan piutang dan profitabilitas perusahaan,” kata Ari dalam keterangan, Rabu (9/8/2023).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan pertumbuhan industri pembiayaan semester II 2023 tidak setinggi semester I 2023. Hal ini disebabkan kemungkinan adanya perubahan profil risiko nasabah setelah pandemi berakhir. Di mana pada saat pandemi nasabah layak dibiayai karena sebagian persentase pendapatan dapat ditabung atas pengurangan biaya transportasi bagi pekerja/profesional.

Seiring kembalinya mobilitas masyarakat menjadi normal, OJK memperkirakan bahwa situasi ini dapat memengaruhi delinquency rate nasabah yang memiliki fixed income seperti pekerja atau profesional tersebut. Dampaknya NPF diprediksi bergerak sedikit naik, tapi masih disimpulkan bahwa risiko pembiayaan masih cukup terkendali.

Tantangan lainnya adalah seperti yang diperkirakan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Indonesia memasuki tahun politik dan diperkirakan menahan laju investasi, sehingga banyak investor cenderung wait and see dalam mengalokasikan dana.

Ari menegaskan, potensi risiko dari kondisi eksternal tersebut tentu dapat memengaruhi NPF pembiayaan. Kendati demikian, BRI Finance senantiasa konsisten mengendalikan kualitas pembiayaan sehingga NPF perseroan saat ini masih cukup terkendali. NPF BRI Finance posisi akhir Juni 2023 hanya sekitar 1,73 persen.

“Persentase itu mengalami penurunan dari 2,07 persen pada akhir Juni 2022 (yoy). BRI Finance memproyeksikan NPF tetap di bawah 2 persen pada akhir 2023,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan, BRI Finance terus mengembangkan digitalisasi proses bisnis, pengembangan produk yang menarik, dan meningkatkan sinergi BRI Group maupun BUMN group. Ari lanjut menjelaskan, hal tersebut diiringi pula dengan menjaga kualitas pembiayaan melalui proses seleksi yang seksama dengan memanfaatkan alat yang tersedia terhadap calon debitur yang akan disetujui untuk meminimalkan risiko gagal bayar.

Ari lanjut menjelaskan, dengan kemampuan perseroan memitigasi risiko, manajemen BRI Finance memproyeksikan pertumbuhan piutang pembiayaan secara tahunan hingga Desember 2023 berkisar 12,5 persen. Sedangkan besarnya piutang pembiayaan BRI Finance pada akhir Juni 2023 telah mencapai lebih dari Rp 7 triliun.

“Melihat kondisi eksternal terutama penjualan mobil yang masih menunjukan tren positif, keragaman produk yang dimiliki perusahaan pembiayaan, dan inisiatif strategi yang dimiliki perusahaan, BRI Finance tetap optimistis dapat menyalurkan pembiayaan baru di atas Rp 6 triliun tahun ini,” lanjutnya.

Untuk merealisasikan aspirasi tersebut, selain terus melakukan ekspansi penjualan dengan tetap memperhatikan kualitas atau profil dari calon debitur. Perseroan pun melakukan rekomposisi portofolio pembiayaan konsumer ke arah pembiayaan yang memberi yield yang lebih tinggi. Perusahaan juga terus mengembangkan kapabilitas untuk menjaga pertumbuhan bisnis melalui pengembangan digitalisasi dengan berbagai tools guna memitigasi risiko agar proses cepat dan akurat.

“Kami pun terus melakukan pengembangan fitur produk yang menarik agar dapat bersaing di pasar. Juga tentunya meningkatkan kompetensi pekerja agar lebih agile dalam menghadapi setiap perubahan kondisi eksternal yang dinamis, sehingga produktivitas tetap terjaga,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement