Rabu 09 Aug 2023 14:28 WIB

Pengendara Bandel Kena Macet di Jalur Sebidang, Kereta pun Berhenti

Kereta jarak jauh berhenti di dekat Stasiun Pondok Jati akibat ulah pengendara motor.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah penumpang bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial video yang menunjukkan kepanikan petugas palang pintu kereta menghalau para pengendara yang sedang terjebak kemacetan di perlintasan sebidang. Padahal, kereta jarak jauh hendak melintas. Petugas pun mengibarkan bendera merah hingga kereta sampai berhenti agar pengendara segera lewat.

"Untung petugas palang dan masinis sama-sama cerdas (emoji tepuk tangan). Kereta mau berhenti. Cuma di +62 Kereta ngalah ama manusia tol**. Kalo gak bakalan ada pindang basi berjejer-jejer," kata akun X @Pai_C1 menyertakan video dengan impresi 41 ribu, dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Rabu (9/8/2023).

Video berdurasi 1.14 detik itu menunjukkan motor-motor akan melewati pintu palang pintu yang sudah tertutup. Banyak motor bahkan kembali mundur karena melihat kereta sudah mendekat.

Salah satu petugas palang pintu kereta bernama Ahmad kemudian membawa bendera merah berupaya meminta kereta api jarak jauh untuk melambat. Motor-motor terlihat panik menyalakan klakson agar kendaraan di depannya berjalan.

"Mundur, mundur ada kereta, awas, aduh kacau ini untung ada pak Ahmad itu minta lambatin," kata perekam video terdengar meminta orang-orang menjauhi perlintasan kereta.

Palang pintu kereta itu diidentifikasi berada di dekat Stasiun Pondok Jati, Jakarta Timur. Perlintasan pada palang pintu itu memang terkenal semrawut dan kerap macet. Berdasarkan pengalaman Republika.co.id melintasi palang pintu tersebut, keadaan memang kacau dalam antrean menyeberangi jalur kereta.

Ditambah dengan jalan dua arah yang sangat sempit pada perlintasannya. Warganet kemudian membanjiri komentar pada video tersebut hingga ada yang meminta perlintasan tersebut ditutup saja.

"Coba saja negara ini sadar betapa pentingnya petugas2 & relawan2 seperti Pak Ahmad di ribuan jalur + kereta utk menjaga keselamatan warga & kereta setiap saat, sdh selayaknya pak ahmad2 diseluruh indo & mngkin ratusan relawan lainnya dinaikkna kesejahteraannya," kata komentar di aplikasi X.

"Gua saksi mata lah dari kecil tinggal di daerah kayumanis utankayu. Tau persis kaya apa ini perlintasan. Ini emg rata2 org gak sabaran. Sama sbnrnya KAI harus bangun jalur layang lintas Jatinegara-Senen karena traffic yg udah gak ketolong sepanjang lintas itu," kata komentar lain.

"Harus ada sanksi utk masyarakat agar ada efek jera," kata komentar warganet lainnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement