Selasa 08 Aug 2023 07:57 WIB

Menko Luhut ke Amerika Bahas ASEAN Hingga Kendaraan Listrik

Indonesia mengajak Amerika untuk berkontribusi dalam menjaga stabilitas regional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Keuangan AS Jannet Yellen.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Keuangan AS Jannet Yellen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan Menteri Keuangan AS Jannet Yellen untuk membahas perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan AS serta perkembangan sejumlah isu termasuk JETP dan kebijakan mineral kritis. Dalam pertemuan dengan Menlu Blinken pada Jumat (4/8/2023), Luhut menyampaikan rasa terima kasih atas hubungan yang kokoh antara Indonesia dan Amerika Serikat serta pentingnya nilai bersama dan saling menghormati dalam memajukan kerja sama kedua negara.

"Saya menggarisbawahi pentingnya memperkuat hubungan bilateral di tahun 2024, yang akan menjadi peringatan ke-75 hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat. Upaya untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang strategis, termasuk dalam sektor maritim, pertahanan, perubahan iklim, infrastruktur hijau, dan teknologi, menjadi salah satu fokus utama pembicaraan," kata Luhut dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga

Indonesia, lanjutnya, juga mengapresiasi dukungan AS selama masa kepemimpinan Indonesia dalam G20 dan memuji peran Indonesia dalam memimpin ASEAN serta mendukung keutamaan ASEAN sebagai pemangku kepentingan kunci dalam kawasan. Dalam konteks ini, tema "ASEAN Matters: Episentrum Pertumbuhan" menjadi perbincangan hangat, menggarisbawahi potensi pertumbuhan ASEAN yang semakin pesat.

Indonesia juga mengajak Amerika Serikat untuk terus berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan regional, dengan membuka peluang kolaborasi potensial di ASEAN East Asia Summit.

Luhut dan Blinken juga menyepakati pentingnya partisipasi Presiden AS Joe Biden dalam KTT ASEAN mendatang, sebagai upaya untuk meningkatkan dialog dan kolaborasi regional yang lebih erat.

Keduanya berkomitmen untuk terus memajukan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dan menciptakan dampak positif bagi kedua negara dan kawasan.

"Kami berharap pertemuan ini akan membawa hubungan Indonesia dan Amerika Serikat ke tingkat yang lebih tinggi dan mendorong kolaborasi yang berkelanjutan untuk mewujudkan tujuan bersama dalam mencapai stabilitas dan kemakmuran regional," sambung Luhut.

Adapun dala pertemuan Luhut dengan....

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement