Sabtu 05 Aug 2023 00:09 WIB

Cari Motor Listrik? Simak 5 Rekomendasi Merk Lengkap dengan Harga

Merek asal Indonesia seperti Selis dan Gesits pun ikut mengambil bagian pasar besar.

Rep: Mgrol148/ Red: Lida Puspaningtyas
Motor listrik Gesits kini diekspor ke Nepal.
Foto: WIMA
Motor listrik Gesits kini diekspor ke Nepal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendaraan listrik kini semakin tinggi permintaannya seiring dengan kenaikan dan fluktuasi harga BBM. Sejumlah merek telah populer di Indonesia, baik buatan lokal maupun impor.

Perusahaan otomotif kenamaan pun tak ketinggalan bahkan menjadi pelopor. Merk asal Indonesia yang banyak dicari seperti Selis dan Gesits semakin berinovasi dan meningkatkan kapasitasnya.

Sebelum membeli motor listrik, simak beberapa rekomendasi motor listrik ini dilansir dari laman Otoklix. Berikut ini pilihan motor listrik, lengkap dengan spesifikasi, dan harga motor listrik Indonesia:

1. Motor Listrik Yaeda

Rekomendasi motor listrik terbaru yang pertama diproduksi oleh Yaeda di bawah PT Indomobil sebagai pemegang APM Yaeda Indonesia. Terdapat dua varian motor listrik yakni motor listrik Yaeda G6 dan E8S Pro. Apa perbedaan keduanya?

Mulai dari harga, motor listrik Yaeda E8S Pro dijual dengan harga Rp 23,9 jutaan sedangkan Yaeda G6 seharga Rp 29,3 jutaan. Keduanya memiliki kapasitas baterai yang sama yakni 2000 watt tipe Graphene 72V 38Ah.

Adapun perbedaannya terletak pada kecepatan maksimal dan jarak tempuh. Yaeda E8S Pro mampu menempuh jarak hingga 150 km dan kecepatan maksimal 60 km/jam. Sedangkan Yaeda G6 hanya mampu menempuh jarak maksimal sejauh 100 km dan kecepatan maksimal 70 km/jam.

2. Motor Listrik Viar

Kebanyakan dari kita pasti sudah sering melihat motor listrik Viar New Q1. PT Triangle Motorindo selaku APM Viar Indonesia memproduksi motor ini dan digunakan oleh salah satu perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia setahun belakangan ini.

Kini, OtoFriends dapat membelinya di mana saja termasuk di marketplace dengan harga mulai dari Rp 21,5 jutaan sampai Rp 22 jutaan. Viar Q1 mampu menempuh jarak maksimal sejauh 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam.

Menariknya, kita bisa menempuh jarak lebih dari 100 km bila menggunakan dua baterai yang berisi penuh secara bersamaan. Lamanya durasi pengisian baterai dari kosong hingga penuh berkisar antara 4 sampai 5 jam.

3. Motor Listrik Katalis Spacebar Evo Electric Scooter

Menjamurnya kendaraan elektrik di Indonesia saat ini membangkitkan para produsen kendaraan, khususnya yang berada di dalam negeri. Sebut saja salahnya Katalis yang memperkenalkan motor listrik pertama kali di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2021 lalu.

Katalis menamai motor listrik tersebut Spacebar Evo Electric Scooter. Katalis mengklaim motor ini memiliki kecepatan maksimal 50 km/jam dan maksimal daya angkut sebesar 120 kg. Harga Katalis Spacebar Evo Electric Scooter berkisar antara Rp 57,8 jutaan sampai Rp 68 jutaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement