Jumat 04 Aug 2023 08:59 WIB

Sepeda Listrik Harusnya Dianggap Sebagai Solusi Iklim, Bukan Ancaman Keselamatan

Berita risiko keselamatan pengendara sepeda listrik bisa mengarah kebijakan buruk.

Anak-anak menaiki sepeda listrik di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (1/8/2023). Sepeda listrik mulai banyak dijumpai  seperti di kampung-kampung dan area kompleks. Sebagian besar sepeda listrik dinaiki oleh anak-anak karena tidak sedikit orang tua menganggapnya sebagai mainan.Tak jarang, mereka mengendarainya sambil ngebut dan bahkan masuk ke jalan umum. Berdasarkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, sebenarnya sudah diatur jika usia minimal pengendara sepeda listrik adalah 12 tahun. Untuk pengendara usia 12-15 tahun, tetap harus didampingi oleh orang dewasa.
Foto: Republika/Prayogi
Anak-anak menaiki sepeda listrik di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (1/8/2023). Sepeda listrik mulai banyak dijumpai seperti di kampung-kampung dan area kompleks. Sebagian besar sepeda listrik dinaiki oleh anak-anak karena tidak sedikit orang tua menganggapnya sebagai mainan.Tak jarang, mereka mengendarainya sambil ngebut dan bahkan masuk ke jalan umum. Berdasarkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, sebenarnya sudah diatur jika usia minimal pengendara sepeda listrik adalah 12 tahun. Untuk pengendara usia 12-15 tahun, tetap harus didampingi oleh orang dewasa.

REPUBLIKA.CO.ID,Ada tren mobilitas baru yang berbahaya di jalan-jalan Amerika yang menarik perhatian New York Times: e-bikes (sepeda listrik). Atau begitulah Times, dan beberapa media lainnya, menyarankan dengan pilihan editorial mereka.

“Industri e-bike sedang booming, tetapi musim panas 2023 telah menimbulkan pertanyaan tajam tentang seberapa aman e-bike, terutama bagi remaja,” tulis Matt Richtel dalam ficur panjang berjudul “A Dangerous Combination': Teenagers' Accidents Expose E -Resiko sepeda.” 

Baca Juga

Ceritanya sebagian besar berpusat pada satu anekdot dari kota Encinitas, California pada bulan Juni ketika seorang anak berusia 15 tahun yang mengendarai e-bike ditabrak oleh sebuah van dan terlempar dengan kasar sambil menunggu belok kiri dengan kecepatan 55 mil per jam. 

Pengendara sepeda dirawat di rumah sakit terdekat tetapi meninggal karena luka-lukanya. Beberapa hari kemudian rumah sakit yang sama merawat remaja kedua yang terluka saat mengendarai e-bike. Kota kecil itu mendeklarasikan "keadaan darurat untuk keselamatan e-sepeda".

The New York Times – dengan jangkauan internasionalnya – menggunakan insiden ini di Encinitas, sebuah kota pantai di utara San Diego dengan populasi sekitar 60.000, untuk mengeksplorasi masalah keamanan seputar sepeda listrik. Yang memicu minat media adalah AB 530, undang-undang negara bagian di California yang akan melarang orang di bawah 12 tahun menggunakan sepeda elektronik "dari kelas apa pun" dan "maksud pernyataan Badan Legislatif untuk membuat program lisensi sepeda elektronik dengan tes tertulis online dan tanda pengenal berfoto yang dikeluarkan negara untuk orang-orang yang tidak memiliki surat izin mengemudi yang masih berlaku.”

Jelas, insiden ini – dan semua cedera serius yang disebabkan oleh mobil yang bertabrakan dengan pengendara sepeda – sangat tragis. Ada minat publik yang nyata untuk mengungkap kekurangan keselamatan, mencari cara untuk melindungi pengendara sepeda (terutama anak-anak), dan mengeksplorasi ide kebijakan tentang cara memperluas akses ke bersepeda yang aman. 

Sebaliknya, NYT telah membingkai rasa sakit yang berkembang dari e-sepeda sebagai satu lagi teknologi yang teduh seperti kartrid vape atau papan hover. Ada banyak alasan mengapa pembingkaian ini salah dan merugikan wacana publik.

Sepeda listrik adalah solusi iklim yang kuat.

Selama beberapa dekade, orang Amerika tidak berhasil mencari cara untuk mengganti konsumsi minyak yang besar di kota besar dan kecil. Sepeda listrik terbukti menjadi alternatif yang layak untuk bepergian dan melakukan perjalanan jarak pendek dan menengah, seperti yang dilaporkan NPR pada bulan Januari.

Sepeda listrik membuka dunia kemungkinan bagi orang-orang yang ingin meninggalkan roda 4 tetapi secara fisik tidak dapat berkendara beberapa mil setiap hari. Sepeda kargo sementara itu memungkinkan orang-orang yang seharusnya mengemudi untuk membawa barang belanjaan atau mengangkut anak-anak untuk memilih sepeda. Perjalanan mobil ini merupakan sumber emisi yang signifikan yang dapat dan harus dihapus. 

Kota-kota di seluruh negeri telah menyadari solusi iklim ini dan mulai menawarkan program potongan harga untuk menghilangkan salah satu hambatan besar pada sepeda ini: biaya. Apakah mengharuskan orang untuk mengikuti ujian tertulis untuk mendapatkan ID foto menempatkan penghalang baru dari minat sepeda listrik ini? 

Semua ini adalah konteks penting untuk cerita apa pun tentang e-sepeda karena ini memberi tahu Anda apa yang dipertaruhkan jika akses ke e-sepeda semakin dibatasi. Tapi tidak disebutkan tentang "perubahan iklim" dan hanya menyebutkan pengurangan emisi dalam cakupan NYT. (“Sebagai solusi transportasi, e-sepeda tampak menjanjikan.”) Satu-satunya advokat sepeda yang dikutip dalam artikel tersebut berasal dari Colorado, bukan California dan mereka tidak diminta untuk mempertimbangkan kemungkinan tagihan negara bagian di Sacramento. Pengendara sepeda seharusnya diberi ruang untuk membuat ini dan poin lainnya.

 

sumber : legal-planet.org
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement