Selasa 01 Aug 2023 22:25 WIB

Batik Tulis Complongan Jadi Ikon GBN 2023, Bupati Indramayu: Luar Biasa

Agenda GBN 2023 diharapkan semakin mengenalkan batik tulis Complongan Indramayu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Batik tulis Complongan Indramayu.
Foto: Dok Humas Pemkab Indramayu
Batik tulis Complongan Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Batik tulis Complongan Indramayu dijadikan ikon agenda Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023. Bupati Indramayu Nina Agustina merasa bangga dan berharap batik tulis khas daerahnya ini dapat semakin dikenal. 

Agenda GBN dipelopori Yayasan Batik Indonesia (YBI). Agenda GBN 2023 yang akan digelar di Jakarta rencananya dibuka Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo pada Rabu (2/8/2023).

Baca Juga

Bupati Indramayu Nina Agustina mengapresiasi agenda yang digelar YBI dan menjadikan batik tulis Complongan sebagai ikonnya. 

Menurut Bupati, momen GBN ini merupakan kesempatan berharga untuk menjadikan batik tulis Complongan Indramayu semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. “Ini sangat luar biasa,” ujar Bupati, Selasa (1/8/2023).

Dalam upaya melindungi dan mengembangkan batik tulis Complongan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu bersama Kelompok Masyarakat Perlindungan Geografis Batik Tulis Complongan telah mendaftarkan Indikasi Geografis ke Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selain itu, melalui Surat Edaran Bupati Indramayu Nomor 5101/322/Diskopdagin, tertanggal 29 Mei 2023, Bupati Indramayu mengimbau penggunaan batik tulis Complongan setiap Kamis dan hari tertentu di lingkungan Pemkab Indramayu. 

Bupati mengharapkan GBN 2023 menjadi momentum kebangkitan batik tulis Complongan Indramayu, sehingga dapat diterima masyarakat, juga pasar nasional maupun mancanegara.

Dengan begitu, diharapkan berdampak terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para perajin batik tulis Complongan Indramayu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement