Ahad 30 Jul 2023 11:36 WIB

Dorong Perkembangab UMKM, OJK Lakukan Gerakan Ini

Gernas BBI-BBWI menjadi salah satu penentu ekonomi Indonesia.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam sambutannya pada Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (29/7/2023).
Foto: dok OJK
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam sambutannya pada Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (29/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya mendorong pengembangan UMKM yang berperan sangat besar dalam pemulihan ekonomi nasional pascaPandemi. Selain itu UMKM juga penting untuk menumbuhkan perekonomian daerah.

OJK pun menggelar Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (29/7/2023). “Gernas BBI-BBWI yang semula upaya penguatan kondisi perekonomian karena pandemi Covid-19, sekarang justru jadi penentu untuk pengembangan UMKM di kawasan sekitar,” Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (29/7/2023). 

Baca Juga

Mahendra menuturkan, Gernas BBI-BBWI menjadi salah satu penentu ekonomi Indonesia. Khsususnya dalam memacu pertumbuhan ekonomi di daerah untuk bertumbuh. 

Menurutnya, program pembiayaan, pelatihan, pendampingan, pemasaran, dan pameran produk UMKM yang dilakukan secara berkelanjutan dalam Gernas BBI harus terus diperluas. Selain itu huga diperbanyak untuk semakin memajukan UMKM Indonesia.

Mahendra juga mengapresiasi terhadap komitmen pemerintah pusat dan daerah serta kementerian dan lembaga yang bersinergi untuk terus mengembangkan UMKM. Dalam Gernas BBI di Riau ini, OJK menginisiasi delapan sesi pelatihan sekaligus pendampingan dengan jumlah peserta mendaftar 635 UMKM dan dilakukan kurasi UMKM di Provinsi Riau secara offline dan online. 

Khusus 40 UMKM yang telah dikurasi mengikuti pelatihan pada sesi tujuh dan delapan selanjutnya dilakukan kurasi menjadi 15 besar yang akan dipilih menjadi 5 UMKM Champion dari Provinsi Riau. Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam video sambutannya menyampaikan apresiasi kepada OJK dan Gubernur Riau beserta jajaran atas terlaksananya rangkaian Gernas BBI dan BBWI di Kantor Gubernur Riau. 

Luhut berpesan semua pihak mengawal Gernas BBI-BBWI sehingga kegiatan dapat berjalan tuntas serta Gernas BBI-BBWI dapat dilaksanakan setiap tahun dengan persiapan matang sehingga mencapai peningkatan penggunaan produkndalam negeri. 

Acara Harvesting Gernas BBI-BBWI di Provinsi Riau dilakukan pada 28-30 Juli 2023 di halaman Kantor Gubernur Riau.

Program Gernas BBI-BBWI Provinsi Riau berfokus pada pembinaan serta pengembangan UMKM dan sektor pariwisata strategis di Provinsi Riau. Salah satu strategi implementasi pembinaan tyerhadap UMKM tersebut adalah program Onboarding UMKM ke platform e-Commerce serta dukungan pembiayaan/kredit kepadaUMKM.

Melalui pelatihan serta pendampaingan tersebut, berdampak pada penambahan jumlah UMKM yang Onboarding pada platform e-Commerce di Provinsi Riau. Tercatat per Juli 2023, jumlah UMKM di Provinsi Riau telah onboarding pada platform e-commerce sebanyak 3.203.

Di sisi dukungan OJK terhadap program pembiayaan kredit terhadap UMKM, OJK bersinergi dan mendorong para pihak terkait untuk terus meningkatkan pembiayaan terhadap UMKM. Hal itu untuk optimalisasi pembiayaan kredit kepada UMKM, telahdilaksanakan BusinessMatching UMKM dengan Perbankan serta Industri Jasa Keuangan terkait. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement