Ahad 16 Jul 2023 13:43 WIB

PTPP dan Adhi Karya Garap Dua Paket Proyek Commuter Railway di Filipina

Paket proyek tersebut terdiri dari pengerjaan railway 1,2 km dan jalur kereta 5,8 km.

PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, memenangkan tender dua paket proyek North-South Commuter Railway di Filipina.
Foto: Antara/Siswowidodo
PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, memenangkan tender dua paket proyek North-South Commuter Railway di Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, memenangkan tender dua paket proyek North-South Commuter Railway di Filipina. Proyek ini akan digarap bersama dengan BUMN Karya lainnya, yaitu PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI).

"Dalam pembangunan proyek North-South Commuter Railway, PTPP telah dipercaya oleh Pemerintah Filipina untuk mengerjakan pembangunan proyek di negara tersebut," kata Direktur Utama PTPP Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (16/7/2023).

Baca Juga

Penandatangan perjanjian kerja sama dalam pembangunan kedua paket proyek tersebut telah ditandatangani pada hari Kamis lalu (13/7/2023) berlokasi di Istana Malacanan, Manila, Filipina. Dalam acara penandatanganan perjanjian kontrak kerja sama tersebut diwakili oleh Pande Ketut selaku SVP Divisi Operasi Infrastruktur PTPP dan Isman Widodo selaku General Manager Railway Departement ADHI yang dihadiri dan disaksikan secara langsung oleh Presiden Filipina Ferdinand R Marcos Jr bersama dengan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo, Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP dan Entus Asnawi Mukhson selaku Direktur Utama ADHI.

Proyek pembangunan North-South Commuter Railway yang berlokasi di Filipina ini dikerjakan oleh perusahaan joint venture BUMN konstruksi dari Indonesia, yaitu ADHI dan PT PP. Kedua paket proyek yang dimenangkan oleh BUMN tersebut terdiri dari paket CP S-01 untuk pengerjaan railway sepanjang 1,2 kilometer dan CP S-03C untuk pengerjaan jalur kereta api sepanjang 5,8 kilometer.

Adapun pengumuman pemenang atas kedua proyek tersebut telah dilakukan pada tanggal 17 Februari 2023 untuk proyek Paket CP S-01 dan tanggal 26 Juni 2023 untuk proyek Paket CP S-03C.

Paket CP S-01 memiliki ruang lingkup pekerjaan yang terdiri dari pekerjaan bangunan dan teknik sipil untuk struktur viaduk kereta api sepanjang kurang lebih 1,2 kilometer termasuk 1 stasiun layang di Bluementritt. Paket C S-01 memiliki nilai kontrak sekitar Rp 3,1 triliun dengan masa pelaksanaan selama 4 tahun.

Sementara itu, Paket CP S-03C memiliki ruang lingkup pekerjaan yang terdiri dari pekerjaan bangunan dan teknik sipil untuk struktur viaduk Kereta Api sepanjang kurang lebih 5,8 kilometer termasuk pembangunan dua stasiun layang di Bicutan dan Sucat. Paket C S03C memiliki nilai kontrak sekitar Rp 5 triliun dengan masa pelaksanaan selama 5,5 tahun.

"Perusahaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Filipina dalam memberikan kepercayaan kepada perseroan sehingga perusahaan turut berkontribusi dalam pembangunan proyek senilai total lebih dari Rp 8 triliun," kata Novel.

Dalam pembangunan proyek tersebut, perseroan membentuk joint venture dengan ADHI dimana PT PP mendapatkan porsi pekerjaan sebesar 49 persen. Perolehan kedua paket proyek tersebut telah menambah nilai kontrak baru PTPP di bulan Juni untuk Paket CP S-01 dan di bulan Juli untuk Paket CP S-03C.

 

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement