Rabu 12 Jul 2023 10:17 WIB

Persediaan Kendaraan Listrik AS Melimpah, Warga Kurang Minat?

Dealer AS memiliki stok lebih dari 92.000 kendaraan listrik.

Mobil listrik Toyota bZ4X. AS mengalami kelebihan produksi kendaraan listrik. Dealer AS memiliki stok lebih dari 92.000 EV.
Foto: Toyota
Mobil listrik Toyota bZ4X. AS mengalami kelebihan produksi kendaraan listrik. Dealer AS memiliki stok lebih dari 92.000 EV.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- Pasar kendaraan listrik (EV) AS tercatat mengalami pertumbuhan, tetapi tidak cukup cepat selama kuartal terakhir. Perlambatan ini untuk mencegah EV yang tidak terjual menumpuk di beberapa dealer pembuat mobil atau untuk memungkinkan Tesla menghindari pemotongan harga baru.

Persediaan yang meningkat dan pemotongan harga hanya bisa mewakili jeda jangka pendek dalam pertumbuhan pasar EV. Tapi itu bisa menjadi sinyal bahwa meningkatkan penjualan EV AS di atas tingkat pangsa pasar 7 persen saat ini akan lebih mahal dan sulit dari yang diperkirakan, bahkan dengan subsidi federal dan negara bagian. 

Baca Juga

Pembuat mobil Amerika Utara memiliki miliaran dolar dalam investasi terkait EV yang bergantung pada bagaimana kinerja beberapa kuartal berikutnya. Jika produksi EV terus melampaui permintaan, pembuat mobil harus memilih antara memangkas harga dan margin keuntungan, atau memperlambat jalur perakitan. 

Lebih dari 90 model EV baru diharapkan memasuki pasar AS hingga tahun 2026, menurut Auto Forecast Solutions. Banyak yang akan berjuang untuk mencapai volume penjualan yang menguntungkan, kata para analis. 

 

Dealer untuk pembuat mobil mapan, seperti General Motors, Ford, Hyundai, dan Toyota memiliki EV yang tidak terjual selama lebih dari 90 hari di toko mereka dengan tingkat penjualan saat ini, menurut laporan dari Cox Automotive. Dealer AS memiliki stok lebih dari 92.000 EV. Jumlah ini lebih dari tiga kali jumlah lot mereka tahun lalu, menurut data Cox. 

Secara keseluruhan, inventaris kendaraan baru naik 74 persen dari tahun lalu, kata Cox. 

Ada berbagai macam ketersediaan model EV. GM memiliki Cadillac Lyriqs senilai 50 hari yang tersedia pada 30 Juni, di bawah rata-rata industri yang memasok 52 hari pada tingkat penjualan saat ini, kata Cox. 

GM mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memiliki persediaan yang sangat rendah--dan permintaan yang tinggi untuk kendaraan listriknya. Lebih dari 80 persen Lyriqs dan GMC Hummer EV yang dibuat masih dalam perjalanan ke dealer, kata pembuat mobil itu. 

Tantangan GM yang lebih besar adalah mempercepat produksi dan pengiriman EV generasi berikutnya yang dibangun di atas arsitektur Ultium GM. Dari 36.024 EV yang dikirim GM di Amerika Serikat selama paruh pertama tahun ini, hanya 2.365 yang merupakan Ultium EV. GM memiliki tujuan membangun total 100.000 kendaraan listrik di Amerika Utara selama paruh kedua tahun ini. 

Ford memiliki F-150 Lightnings selama 86 hari dan SUV listrik Mustang Mach-E selama 113 hari, kata Cox. Ford mengatakan angka Cox melebih-lebihkan inventaris untuk kedua model. 

Ford melihat persediaan Mach-E pada pasokan 83 hari, dengan lebih dari separuh kendaraan diproduksi dalam perjalanan ke dealer, kata Erich Merkle, kepala analisis penjualan AS. Ford melihat persediaan Lightning pada pasokan 58 hari termasuk kendaraan dalam perjalanan. Dearborn, Michigan, pabrik yang merakit pickup elektrik ditutup bulan ini untuk retooling.

(Ford meningkatkan kapasitas untuk....)

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement