Kamis 06 Jul 2023 12:24 WIB

Kokain di Gedung Putih Berasal dari Area Tempat Pengunjung

Kokai yang ditemukan diklasifikasikan sebagai obat 'kategori II' di bawah UU AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Gedung Putih (Ilustrasi)
Foto: pictures17.blog.fc2.com
Gedung Putih (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kokain yang ditemukan di Gedung Putih berasal dar sebuah lubang kecil di area masuk West Wing. Area ini merupakan tempat pengunjung meletakkan barang elektronik dan barang-barang lainnya sebelum melakukan tur.

Gedung Putih menyatakan, Secret Service sedang menyelidiki. "Mereka sedang memeriksa daftar pengunjung dan...melihat kamera. Itu langkah selanjutnya. Cross-check," kata sumber yang mengetahui masalah tersebut pada Rabu (5/7/2023).

Baca Juga

"Di mana ini ditemukan adalah daerah yang sering dilalui di mana banyak ... pengunjung West Wing datang," ujar Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengonfirmasi.

Ditanya apakah ada yang telah menjalani tes narkoba sebagai bagian dari penyelidikan. "Kami akan mengambil tindakan apa pun ... yang sesuai dan dijamin, sambil menunggu hasil dari Secret Service," kata Jean-Pierre.

Kepemilikan kokain diklasifikasikan sebagai obat 'kategori II' di bawah Undang-Undang Substansi Terkendali AS. Kepemilikannya adalah pelanggaran ringan di Washington, DC.

West Wing melekat pada rumah eksekutif tempat tinggal Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan ibu negara Jill Biden. Area ini termasuk Ruang Oval, ruang kabinet, dan ruang kerja untuk staf kepresidenan. Ratusan orang melewati West Wing secara teratur, termasuk staf politik, tamu, dan awak media.

Pejabat pemerintah dapat menawarkan tur ke bagian Sayap Barat kepada teman dan anggota keluarga. Orang yang bukan anggota staf harus meninggalkan barang elektronik dan barang lainnya di bilik penyimpanan sebelum melakukan tur. Jean-Pierre mengatakan, tur  berlangsung pada Jumat, Sabtu dan Ahad.

Obat terlarang itu ditemukan selama pembersihan rutin Secret Service pada akhir pekan. Juru bicara Secret Service belum mengatakan berapa banyak kokain yang ditemukan.

Penemuan itu menyebabkan penutupan singkat kompleks Gedung Putih pada 2 Juli 2023. Biden dan keluarganya saat itu tidak berada di Gedung Putih.

Biden dan keluarganya kembali ke Gedung Putih pada Selasa (4/7/2023) pagi, setelah menghabiskan liburan akhir pekan di retret presiden di Camp David, Maryland. Anggota keluarga yang mengunjungi Biden secara tradisional masuk dan keluar melalui East Wing.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement