Rabu 05 Jul 2023 18:44 WIB

Disambut Hangat di Papua Nugini, Jokowi: We are 'Wan Famli'

Di Papua Nugini, Jokowi bilang 'the closest brother is called a neighbor'.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
President Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Papua Nugini usai lawatan dari Australia.
Foto: EPA-EFE/DAN HIMBRECHTS
President Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Papua Nugini usai lawatan dari Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri jamuan santap siang kenegaraan yang digelar Gubernur Jenderal Papua Nugini Bob Dadae di APEC Haus pada Rabu (5/7/2023) siang waktu setempat. Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi sambutan hangat dari pemerintah dan rakyat Papua Nugini.

"Terima kasih atas sambutan hangatnya. Saya sangat bersyukur atas persahabatan kedua negara yang terjalin selama ini," ujar Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana.

Jokowi juga menjelaskan hubungan Indonesia dan Papua Nugini yang dinilai tidak hanya sebagai sahabat, tetapi juga saudara serumpun. Bahkan, Jokowi menggunakan falsafah masyarakat Papua Nugini, yaitu 'wan' yang menggambarkan persatuan dan kebersamaan. "We are 'wan famli’. The closest brother is called a neighbor," ucap Jokowi.

Dalam jamuan santap siang kenegaraan ini turut dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement