Rabu 05 Jul 2023 10:47 WIB

Pakai AI, Bapanas dan BRIN Kembangkan Data Pangan

Badan Pangan gandeng BRIN untuk memperkuat kebijakan pangan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memperkuat kebijakan pangan berbasis riset dan inovasi. Hal itu dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman meliputi penyediaan benih hingga kecerdasan buatan (AI) untuk pengolahan data pangan.

"Kita harap kolaborasi ini memberikan dampak besar bagi kemajuan sektor pangan nasional, mengingat BRIN merupakan lembaga negara paling kredibel di bidang riset dan inovasi di Indonesia," kata Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, dalam siaran persnya, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga

Melalui kerja sama ini, lanjutnya, akan dijalankan berbagai program penguatan pangan, meliputi aspek ketersediaan dan stabilitas pangan, pengentasan rawan pangan dan gizi, serta penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan.

"Salah satu yang urgent dikerjakan bersama teman-teman BRIN adalah kerja sama pengembangan dan penyatuan data pangan dari mulai stok dan harga pangan di seluruh daerah. Kita harus tahu persis berapa stok sembilan komoditas pangan di daerah karena sangat krusial dan menentukan arah kebijakan," ujarnya.

Arief mengatakan, sebelumnya kerja sama antara NFA dan BRIN telah berjalan untuk sejumlah program di antaranya penyusunan standar mutu beras dan vanilla, kajian posisi Indonesia dalam forum Codex Internasional, pemberian rekomendasi teknis penerbitan Sertifikat Penerapan Penanganan yang Baik (SPPB PSAT), hingga pengembangan AI untuk peramalan harga pangan.

"Sebelum MoU kita telah banyak bekerja sama dengan BRIN. Penandatanganan nota kesepahaman ini semakin memantapkan kolaborasi yang telah terjalin dengan sangat baik," tuturnya.

Salah satu kerja sama terbaru di antara kedua belah pihak adalah demonstrasi area (dem-area) penanaman benih unggul di Sukamandi bersama ID Food dan Sang Hyang Seri. Dalam dem-area ini, NFA meminta minta dukungan BRIN untuk penyiapan benih unggul yang nantinya akan dibudidayakan secara masal untuk pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Melihat luasnya potensi kerja sama pengembangan pangan bersama BRIN, Arief mengajak seluruh dinas urusan pangan provinsi serta Kabupaten/Kota dapat melakukan kolaborasi serupa di daerah masing-masing, sehingga semakin banyak riset, pengembangan, dan inovasi yang lahir berdasarkan potensi lokal setiap daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement