Selasa 04 Jul 2023 14:14 WIB

Pertamax Green Dibanderol Sekitar Rp 13.200, Pertamina Yakin Harga Bersaing

Pertamax Green nantinya akan memiliki tingkat oktan RON 95.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Petugas melayani warga mengisi BBM di salah satu SPBU di kawasan Senen, Jakarta, Selasa (3/1/2023). Pertamina segera meluncurkan produk terbarunya, Pertamax Green.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas melayani warga mengisi BBM di salah satu SPBU di kawasan Senen, Jakarta, Selasa (3/1/2023). Pertamina segera meluncurkan produk terbarunya, Pertamax Green.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) segera meluncurkan produk terbarunya, Pertamax Green yang harganya bakal dibanderol sekitar Rp 13.200 per liter. Perseroan meyakini dengan tingkat harga tersebut, produk terbaru BBM campuran etanol lima persen itu bakal mampu bersaing di pasar bahan bakar kelas RON 95. 

“Harga pastinya kompetitif di kelasnya. Inilah bentuk komitmen Pertamina berupaya menyediakan BBM yang terjangkau bagi masyarakat,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (4/7/2023). 

Baca Juga

Ia menjelaskan, pertimbangan harga yang ditentukan oleh Pertamina mengacu kepada harga Pertamax itu sendiri serta harga kandungan etanol lima persen dalam campuran serta pemrosesan. 

Seperti diketahui, BBM Pertamax tingkat oktan atau RON 92 di SPBU Pertamina saat ini dibanderol sebesar Rp 12.400 per liter. Adapun Pertamax Green nantinya akan memiliki tingkat oktan RON 95. 

 

Di pasar Indonesia, bahan bakar oktan 95 baru dijual oleh SPBU Shell dengan produknya Shell V-Power dengan harga per 1 Juni 2023 sebesar Rp 13.780 per liter di Jakarta, Banten, Jabar, Jatim serta Rp 14.080 di Sumatra Utara.

Selain Shell, SPBU Vivo juga punya produk di kelas yang sama, yakni Revvo 95 dan dijual seharga Rp 13.580 per liter. 

Fadjar menambahkan, rencananya produk Pertamax Green atau yang sering disebut BBM Bioetanol itu bakal resmi dipasarkan paling cepat pekan depan. Adapun, rencana awal pemasaran akan menyasar 10 SPBU di Surabaya, Jawa Timur. Namun, diketahui pemasaran juga diperluas hingga Jakarta menjadi total 17 SPBU. 

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury di Jakarta, Senin (4/7/2023), mengatakan pada Juli ini PT Pertamina resmi menjual Pertamax Green yang terbuat dari etanol. BBM dengan RON 95 ini diklaim lebih ramah lingkungan.

"Juli ini akan kita mulai melakukan penjualan. Rencana ada 17 SPBU yang akan jual Green Pertamax di Jawa Timur dan Jakarta," ujar Pahala. 

Pahala menjelaskan Green Pertamax akan dibanderol sebesar Rp 13.200 per liter. Ia juga mengatakan dengan adanya Green Pertamax ini menjadi salah satu opsi bagi masyarakat untuk memilih bahan bakar yang ramah lingkungan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement