Rabu 28 Jun 2023 00:11 WIB

Jelang Idul Adha, Pertamina Tambah 1,5 Juta Tabung Elpiji Subsidi

Jumlah tambahan ini di luar pasokan normal harian sebesar 5.792 metrik ton.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Pekerja menata tabung gas elpiji di salah satu agen di Rawasari, Jakarta, Senin (11/7/2022). Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan stok BBM dan LPG dalam keadaan aman.
Foto: Prayogi/Republika.
Pekerja menata tabung gas elpiji di salah satu agen di Rawasari, Jakarta, Senin (11/7/2022). Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan stok BBM dan LPG dalam keadaan aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna menambah kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam merayakan Iduladha 1444 H, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan stok BBM dan LPG dalam keadaan aman. Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi menuturkan selama tanggal 26 Juni 2023 sampai 29 Juni pihaknya melakukan penambahan stok di beberapa Kabupaten/Kota se-Jatimbalinus berdasarkan kebutuhan masing-masing wilayah setelah berkoordinasi dengan Pemda setempat. “Dalam rangka mendukung kelancaran perayaan Iduladha 1444 H, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menambah lebih dari 1,5 Juta Tabung LPG 3 kg. Jumlah tersebut di luar pasokan normal harian sebesar 5.792 metrik ton atau lebih dari 1,9 Juta Tabung LPG 3 kg. Diharapkan dengan tambahan ini masyarakat bisa aman dan nyaman melaksanakan kegiatan-kegiatan di hari raya tersebut,” ujar Ahad, Selasa (27/6/2023).

Adapun sebaran tambahan 1,5 Juta lebih Tabung LPG 3kg Subsidi terbagi kedalam beberapa wilayah, yaitu Jawa Timur sebanyak 1.210.200 tabung, Bali sebanyak 183.680 tabung, dan NTB sebanyak 153.600 tabung.

Baca Juga

Pertamina mengajak seluruh elemen masyarakat turut mengawasi konsumsi LPG 3 kg Subsidi hanya dikonsumsi oleh masyarakat yang berhak sehingga subsidi tepat sasaran di sektor LPG dapat terwujud. “Karena ini subsidi, kami harapkan keterlibatan aktif berbagai pihak untuk mengawasi distribusi (terutama) di luar pangkalan resmi Pertamina atau pengecer,” sambung Ahad.

Saat ini Pertamina sedang melaksanakan sosialisasi dan pendataan subsidi tepat LPG 3 kg secara bertahap di Pangkalan Resmi Pertamina yang berfungsi sebagai lembaga penyalur LPG resmi tingkat akhir yang langsung melayani konsumen secara individu. “Masyarakat yang membutuhkan bisa membeli langsung ke Pangkalan Resmi LPG 3kg agar bisa mendapatkan harga eceran tertinggi (HET) sesuai dengan keputusan Gubernur wilayah masing-masing. Informasi seputar layanan pertamina termasuk lokasi Pangkalan Resmi dapat diperoleh secara langsung melalui Call Center Pertamina 135,” tambahnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina telah melakukan digitalisasi SPBU dan sosialisasi pembelian BBM bersubsidi melalui QR Code sehingga lebih tepat sasaran. Pertamina juga telah melakukan uji coba penggunaan KTP untuk pembelian LPG 3 Kg bersubsidi sehingga hanya yang berhak yang bisa membeli LPG bersubsidi.

“Pertamina menjamin stok BBM dan LPG nasional dalam kondisi aman untuk mendukung kelancaran aktivitas masyarakat yang merayakan libur panjang Idul Adha 1444 H,” ujar Fadjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement