Senin 26 Jun 2023 17:27 WIB

Gerakan Pangan Murah di Taman UMKM Laris Diserbu Ibu-Ibu

Harga komoditi yang dijajaki di Gerakan Pangan Murah lebih murah dibanding pasaran.

Pemerintah menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di lebih dari 300 lokasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada Senin (26/6/2023).
Foto: Pemprov Babel
Pemerintah menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di lebih dari 300 lokasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada Senin (26/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Pemerintah menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak di lebih dari 300 lokasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota pada Senin (26/6/2023). GPM ini dilaksanakan guna memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha. 

Langkah ini pun mendapat antusias yang tinggi. GPM berhasil memikat masyarakat dan menjadi buruan ibu-ibu. Pasalnya, harga komoditi yang dijajaki lebih murah dibanding pasaran, dengan perbandingan yang cukup signifikan. Contohnya harga beras premium 5kg yang dijual dengan harga Rp 45 ribu saja. 

Baca Juga

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan khusus di Babel kegiatan pasar murah ini dilaksanakan di empat titik. 

Diantaranya di Taman UMKM Kompleks Perkantoran dan Permukiman Pemprov Kepulauan Babel, Kantor Walikota Pangkalpinang, Lapangan Gelora Mentok Kabupaten Bangka Barat, Halaman Gedung Nasional Tanjung Pandan Kabupaten Belitung. 

"Semoga dengan adanya gerakan ini, masyarakat bisa mendapatkan harga pangan yang murah, dan berimbas pada inflasi yang semakin terkendali," ujar Pj Gubernur Suganda di Taman UMKM dalam siaran persnya. 

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu yang turut hadir dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah. - (Pemprov Babel)

 

Berbicara inflasi, disampaikannya bahwa inflasi di Kepulauan Babel cukup terkendali, bahkan inflasi Kep. Babel terendah nomor satu se-Indonesia dalam dua bulan belakangan. Termasuk dalam hal realisasi penyaluran bantuan pangan 2023, Kep. Babel menempati peringkat ke-2 terbaik se-Indonesia. 

"Walaupun pada posisi itu, kami tetap selenggarakan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan di Kepulauan Babel ini," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Suganda bersama Pimpinan Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika serta unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel meninjau beberapa stan yang menjual kebutuhan pokok. 

Pasar murah ini akan menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar, termasuk beras, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, daging ayam, daging sapi, gula, minyak goreng, serta aneka sayur-sayuran. 

 

Berikur daftar harga sembako yang tersedia...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement