Jumat 23 Jun 2023 21:49 WIB

Varia Usaha Beton Resmikan Ready-Mixed Batching Plant di Palembang

Layanan Batching Plant Varia Usaha Beton meliputi lima wilayah di Sumsel.

PT Varia Usaha Beton, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meresmikan Ready-mixed Batching Plant Palembang yang berlokasi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, pada Kamis (22/6/2023).
Foto: dok SIG
PT Varia Usaha Beton, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meresmikan Ready-mixed Batching Plant Palembang yang berlokasi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, pada Kamis (22/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Varia Usaha Beton, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, meresmikan Ready-mixed Batching Plant Palembang yang berlokasi di Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, pada Kamis (22/6/2023).

Peresmian Batching Plant VUB Palembang merupakan bentuk sinergi dengan PT Semen Baturaja Tbk pascaintegrasi, serta perluasan jaringan layanan produk-produk Varia Usaha Beton untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, serta mendukung pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Sumatra Bagian Selatan.

Batching Plant Varia Usaha Beton Palembang dibangun menggunakan teknologi wet system dan command batch dengan kapasitas terpasang sebesar 60 m3/jam dan volume produksi sebesar 45 m3/ jam atau 8.500 m3/bulan.

Untuk kebutuhan semen dalam proses produksi beton Batching Plant Varia Usaha Beton Palembang akan dipasok oleh Semen Baturaja. Layanan Batching Plant Varia Usaha Beton Palembang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Vita Mahreyni mengatakan Palembang merupakan salah satu kota terpadat kedua di Sumatra dengan jumlah penduduk sebanyak 1,6 juta jiwa.

Sumatra Bagian Selatan juga memiliki dukungan infrastruktur yang baik seperti jalan Tol Trans Sumatra, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Stasiun Kereta Api Kertapati, pelabuhan, LRT, dan Sport Center Jakabaring yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pembangunan, serta berkembangnya kota mandiri baru.

Keunggulan infrastruktur tersebut menjadi peluang bagi pertumbuhan perekonomian termasuk sektor konstruksi sehingga menjadi pasar yang potensial bagi Semen Indonesia Group.

Sepanjang 2022, perekonomian Kota Palembang tumbuh 5,25 persen yang salah satunya didorong sektor konstruksi dan perumahan.

"Kehadiran Batching Plant Palembang diharapkan dapat memperkuat dan mengisi pasar di wilayah Sumbagsel pasca integrasi Semen Baturaja ke SIG”, ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (23/6/2023).

Varia Usaha Beton adalah salah satu unit usaha Semen Indonesia yang memproduksi berbagai macam produk beton, antara lain beton siap pakai, beton pracetak, beton masonry, crushed stone, hingga jasa konstruksi dan sewa peralatan. Adapun produk dan layanan Varia Usaha Beton memiliki tiga keunggulan yaitu tepat mutu, tepat waktu, tepat jumlah, serta ramah lingkungan, karena didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan kelengkapan mesin dan peralatan yang sesuai standar dan serba otomatis. 

Varia Usaha Beton telah berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, di antaranya, Mandalika Circuit, Tol Semarang-Demak, jalur kereta api elevated Solo Balapan-Kadipuro, Tol Manado-Bitung, Jalan Layang Akses Bandara Ahmad Yani Semarang, PLTGU Muara Tawar Jakarta, Simpang Susun Tol Serang Panimbang, Flyover Ganefo Mranggen, Tol Surabaya-Mojokerto, Bandara Hasanudin Makassar, Legian Arcade Denpasar Bali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement