Kamis 22 Jun 2023 10:22 WIB

Amazon Dituntut Atas Dugaan Mengelabui Konsumen Prime

Amazon dituduh mempersulit pelanggan yang mau berhenti langganan Prime.

Amazon.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Amazon.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Otoritas Amerika Serikat (AS) menuduh Amazon menipu pelanggan agar mendaftar untuk memperbarui langganan Prime secara otomatis, dan membuatnya sulit untuk dibatalkan.

Komisi Perdagangan Federal (FTC), pengawas hak konsumen negara itu, membuat klaim dalam gugatan. Gugatan tersebut mengutip desain laman yang diduga manipulatif. Amazon menolak tuduhan tersebut, menyebut FTC salah atas fakta dan hukum, demikian dilansir BBC, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga

Lebih dari 200 juta orang berlangganan Prime secara global. Layanan, yang menawarkan fasilitas pengiriman, akses ke streaming film, dan lainnya dibanderol 139 dolar AS (sekitar Rp 2 juta) per tahun atau 14,99 dolar AS (Rp 225 ribu) per bulan di AS dan 95 euro per tahun di Inggris.

FTC mengatakan Amazon menggunakan desain laman yang mendorong pelanggan setuju untuk mendaftar di Prime dan berlangganan secara otomatis diperbarui saat mereka melakukan pembelian. Perusahaan berusaha mempersulit pengguna untuk memilih keluar dari pendaftaran otomatis karena perubahan itu juga akan berdampak negatif pada keuntungan Amazon.

Tuntutan terhadap Amazon diajukan ke pengadilan federal di Seattle. Amazon juga disebut menempatkan pelanggan yang ingin membatalkan melalui proses "empat halaman, enam klik, lima belas opsi" yang rumit, yang menurut FTC dikenal secara internal sebagai "Iliad" dalam anggukan ke epik Yunani tentang "panjang, sulit Perang Troya".

Meskipun Amazon mengubah proses pembatalan sesaat sebelum gugatan diajukan, FTC mengatakan taktik perusahaan melanggar hukum perlindungan konsumen. "Amazon menipu dan menjebak orang untuk berlangganan berulang tanpa persetujuan mereka. Amazon tidak hanya membuat pengguna frustrasi tetapi juga menghabiskan banyak uang," kata Ketua FTC Lina Khan.

FTC sedang menunggu perintah pengadilan untuk memaksa Amazon mengubah praktiknya serta penalti finansial dalam jumlah yang tidak ditentukan. Amazon mengatakannsedang mendiskusikan masalah tersebut dengan agensi ketika gugatan itu diajukan tanpa pemberitahuan.

"Yang benar adalah pelanggan menyukai Prime. Desain kami membuatnya jelas dan sederhana bagi pelanggan untuk mendaftar atau membatalkan keanggotaan Prime mereka," kata perusahaan.

FTC telah berulang kali memperingatkan perusahaan online agar tidak menggunakan pola terselubung untuk memanipulasi pembeli. FTC juga telah menyelidiki program Perdana Amazon sejak 2021. Amazon disebut telah berusaha untuk menunda penyelidikan pada beberapa kesempatan, termasuk dengan menolak untuk mengirimkan dokumen tepat waktu.

Analis senior di analis Insider Intelligence, Evelyn Mitchell-Wolf, mengatakan FTC menjadikan Amazon sebagai contoh. "Sangat umum bagi perusahaan untuk mempersulit pembatalan akun dibandingkan membuat akun," kata Mitchell-Wolf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement