Rabu 21 Jun 2023 15:02 WIB

Setelah GoTo, Kini Grab PHK Massal 1.000 Pekerja

CEO yang baru disebut akan berhenti setelah profitabilitas membaik.

Rep: Mgrol148/ Red: Lida Puspaningtyas
Para co-founder Grab, Anthony Tan dan Hooi Ling Tan, didampingi perwakilan mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant Grab melakukan seremoni pencatatan perdana di bursa saham Nasdaq, Kamis (2/12). Seremoni pertama kalinya digelar kawasan Asia Tenggara, Singapura.
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Para co-founder Grab, Anthony Tan dan Hooi Ling Tan, didampingi perwakilan mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant Grab melakukan seremoni pencatatan perdana di bursa saham Nasdaq, Kamis (2/12). Seremoni pertama kalinya digelar kawasan Asia Tenggara, Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Grab Holdings yang berbasis di Singapura memangkas sekitar 1.000 pekerja atau 11 persen dari tenaga kerjanya. CEO Grab Holdings, Anthony Tan mengatakan pada hari Selasa (20/6/2023), tindakan tersebut untuk mengelola biaya dan memastikan layanan yang lebih terjangkau dalam jangka panjang.

Dalam sepucuk surat yang dikirim kepada karyawan pada Selasa malam dan dilihat Reuters, Tan mengatakan pemotongan tersebut bukanlah "jalan pintas menuju profitabilitas", tetapi reorganisasi strategis untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis. Pemangkasan jumlah karyawan ini yang terbesar sejak dimulainya pandemi.

Baca Juga

"Kita harus menggabungkan skala kita dengan eksekusi yang gesit dan mempertimbangkan biaya, sehingga kita dapat menawarkan layanan yang lebih terjangkau secara berkelanjutan dan memperdalam penetrasi massa kita," katanya.

 

Tan mengatakan bahwa meski tanpa PHK, Grab telah mengelola biaya dan harus mencapai targetnya di titik impas EBITDA Grup yang disesuaikan tahun ini. Grab yang didirikan pada tahun 2012, menawarkan pengiriman, perjalanan, dan layanan keuangan di delapan negara Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sahamnya sempat naik 4,7 persen sebelum pasar setelah pengumuman Tan kepada staf. Saham telah naik sebanyak 5,6 persen sebelum pasar, memperpanjang kenaikan sebelumnya pada laporan Bloomberg News tentang pemotongan tersebut.

PHK mengikuti langkah serupa tahun lalu oleh perusahaan teknologi Indonesia GoTo, yang menawarkan tumpangan, e-commerce, dan layanan keuangan. GoTo telah mengalami pemotongan biaya yang ketat, termasuk memberhentikan 12 persen tenaga kerjanya pada tahun 2022. Ini memberhentikan 600 staf lagi pada bulan Maret.

CEO yang akan datang berencana untuk memimpin perusahaan hanya untuk sementara dan berhenti setelah profitabilitas meningkat, sumber mengatakan kepada Reuters minggu lalu. Pada bulan Mei, Grab melaporkan kerugian kuartalan sebesar 250 juta dollar AS tetapi mengatakan pendapatan pada kuartal pertama tahun ini naik 130,3 persen menjadi 525 juta dollar AS dari tahun lalu.

Pada bulan Februari, ia mengeluarkan perkiraan optimistis untuk pendapatan setahun penuh untuk tahun 2023 dan memajukan garis waktu profitabilitasnya.

Pemutusan hubungan kerja terakhir Grab yang terdaftar di AS terjadi pada tahun 2020, ketika 360 orang di-PHK sebagai tanggapan atas dampak pandemi. Perusahaan memiliki 11.934 staf pada akhir 2022, termasuk sekitar 2.000 dari akuisisi jaringan toko bahan makanan tahun lalu, kata laporan tahunan terbarunya.

Pada September tahun lalu, dikatakan tidak ada rencana untuk melakukan PHK massal meskipun pasar lemah. Pada bulan Desember, Tan memberi tahu staf bahwa perusahaan membekukan sebagian besar perekrutan, gaji untuk manajer senior, dan memotong anggaran perjalanan dan pengeluaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement