Jumat 16 Jun 2023 10:23 WIB

Budayakan Keselamatan, Pelindo Multi Terminal Gelar Sosialisasi Awareness K3

Sosialisasi awareness K3 digelar di Terminal Deli Belawan yang diikuti 100 TKBM

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) menggelar lanjutan kegiatan Sosialisasi Awareness K3 untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Belawan dan Dumai pada 14 dan 15 Juni 2023.
Foto: dok SMPT
PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) menggelar lanjutan kegiatan Sosialisasi Awareness K3 untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Belawan dan Dumai pada 14 dan 15 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas menggelar lanjutan kegiatan Sosialisasi Awareness K3 untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Belawan dan Dumai pada 14 dan 15 Juni 2023.

Kegiatan ini digelar di Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan yang diikuti oleh 100 orang TKBM yang berkegiatan di Pelabuhan Belawan Medan, dan di Dumai diikuti sebanyak 100 orang TKBM Pelabuhan Dumai.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama dengan masing-masing TKBM Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Dumai untuk menegakkan disiplin penerapan Budaya K3 di lingkungan pelabuhan, serta pembagian Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pekerja pelabuhan yang diberikan secara simbolis oleh Direktur SDM Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto, di Belawan.

Kegiatan sosialisasi di Terminal Bandar Deli Belawan diisi oleh Muhammad Haris, Vice President HSSE Pelindo Multi Terminal, Siswati Sinaga selaku Kepala Seksi Fasilitas Pelabuhan dari Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, serta Junius Tampubolon selaku Kepala Seksi K3 dari Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara.

Sedangkan sosialisasi Awareness K3 di Dumai juga dihadiri oleh narasumber Capt Pujo Kurnianto dari Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan Dumai, serta Tetty Susanti dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau.

Materi yang disampaikan para narasumber baik di Belawan dan Dumai bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas implementasi budaya K3 agar keselamatan dan kesehatan pekerja terjamin sehingga produktivitas dan efisiensi operasional pelabuhan berjalan dengan baik.

Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto menerangkan, sosialisasi Awareness K3 dan ini merupakan bagian dari komitmen SPMT dalam menjunjung budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk internal maupun untuk eksternal.

"Melalui kegiatan sosialisasi Awareness K3 ini diharapkan dapat mendorong kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 sehingga lebih aware terhadap keselamatan dan kesehatan di area Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo Multi Terminal," ucap Edi.

photo
Pembagian Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pekerja pelabuhan yang diberikan secara simbolis oleh Direktur SDM Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto, di Belawan. - (dok SPMT)

 

Kepala Seksi Fasilitas Pelabuhan Otoritas Pelabuhan Belawan, Siswati Sinaga, yang hadir pada kegiatan di Belawan menyambut baik digelarnya kegiatan awareness K3 untuk TKBM ini. "Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 di Pelabuhan," tuturnya.

Terkait hal tersebut, SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menambahkan, diharapkan dengan adanya sosialisasi berkelanjutan sehingga para TKBM yang bekerja di pelabuhan dapat mengimplementasikan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja. 

"Sosialisasi ini juga menjadi bagian dalam rangka kelancaran operasional di Pelabuhan guna terciptanya lingkungan kerja aman, nyaman, selamat, dan berbudaya K3 serta terhindar dari adanya gangguan kecelakaan yang berdampak pada kinerja operasional di terminal. Kegiatan ini akan kami lanjutkan pada seluruh terminal pelabuhan yang dioperasikan oleh Pelindo Multi Terminal" pungkas Fiona. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement