Jumat 16 Jun 2023 09:51 WIB

Pertamina Buka Pintu Lebar untuk Dampingi UMKM

Upaya Pertamina dukug UMKM diganjar BUMN Entrepreneurial Marketing Awards

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Pertamina (Persero) terus mendorong UMKM binaannya menuju pasar internasional, salah satu upayanya melalui partisipasi pada Side Event SME’s HUB ASEAN SUMMIT yang digelar pada 9-13 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Foto: Pertamina
PT Pertamina (Persero) terus mendorong UMKM binaannya menuju pasar internasional, salah satu upayanya melalui partisipasi pada Side Event SME’s HUB ASEAN SUMMIT yang digelar pada 9-13 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) mengharapkan bakal semakin banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menjadi binaan perseroan. Lewat pembinaan tersebut diharapkan, pelaku UMKM dapat naik kelas bahkan menembus pasar ekspor.

Upaya Pertamina dalam mendukung pengembangan bisnis UMKM juga mendapat penghargaan dalam ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards (BEMA) 2023 oleh Markplus Inc. Pertamina diganjar penghargaan Entrepreneurial Marketing Recognition Award 2023 dan The Most Promising Company In Marketing 3.0 untuk Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) Pertamina.

Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, apresiasi tersebut memberikan motivasi lebih bagi Pertamina, untuk terus bisa memberdayakan UMKM di Indonesia.

“Diharapkan, UMKM mitra binaan Pertamina semakin banyak yang mendapatkan pelatihan dan juga mengikuti kelas-kelas pemberdayaan dan pembinaan dari tim Pertamina. Sehingga, secara kapasitas meningkat, skill juga meningkat dan mereka bisa meningkatkan kemampuan untuk memperluas market di Indonesia dan dunia,” kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Jumat (16/6/2023).

Selain itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini dan Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading, Mia Krishna Anggraini turut mendapat penghargaan DEWI BUMN.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada Direksi perempuan di perusahaan BUMN yang telah berperan penting dalam proses transformasi BUMN.

Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini, mengatakan penghargaan tersebut membuktikan bahwa Pertamina secara persisten dan konsisten terus melakukan transformasi ke arah perubahan yang lebih baik, dan melakukan praktik-praktik bisnis dan strategic marketing yang menunjang sustainability dari kinerja perusahaan ke depan.

“Social development juga kami lakukan di samping kami melakukan commercial bisnis perusahaan. Terbukti dengan beberapa award terkait dengan CSR kita mendapatkan pengakuan juga di samping kinerja perusahaan yang memang terbukti dengan kinerja 2022 yang cukup baik,” ungkap Emma.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa penghargaan ini akan menjadikan Pertamina lebih semangat untuk meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyampaikan, Pertamina optimistis kemajuan transformasi akan terus dicatatkan perseroan dan seluruh anak perusahaan.

"Transformasi Pertamina dibangun berkelanjutan untuk mendukung proses transisi energi dan dengan tetap menjamin ketersediaan energi untuk negeri," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement