Senin 12 Jun 2023 22:01 WIB

Akhirnya, Naik KRL Boleh Lepas Masker

Aturan boleh tidak memakai masker hanya untuk penumpang sehat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Penumpang menggunakan masker saat menaiki Kereta Rel Listrik di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (11/6).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang menggunakan masker saat menaiki Kereta Rel Listrik di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KAI Commuter berlakukan syarat dan ketentuan dalam perjalanan kereta rel listrik (KRL) perkotaan dan aglomerasi di seluruh lintas pelayanan. Hal tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19.

“Sesuai SE tersebut, mulai 12 Juni 2023 seluruh pengguna perjalanan commuter line diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam pernyataan tertulisnya, Senin (12/6/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, seluruh pengguna jasa juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat. Terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Meskipun begitu, Anne mengimbau seluruh pengguna untuk tetap memakai masker dengan baik dan benar selama perjalanan maupun di area stasiun. “Ini agar terhindar dari penyebaran virus-virus penyakit lainnya, terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19 seperti sedang batuk dan flu,” jelas Anne.

Anne juga mengajak kepada seluruh pengguna untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat. Hal tersebut dengan tetap membawa hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

“Untuk menjamin kesehatan para penggunanya, KAI Commuter secara rutin melakukan pembersihan setelah rangkaian kereta selesai berdinas,” ucap Anne.

Anne mengharapkan kerja sama seluruh pengguna KRL untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat di perjalanan maupun di area stasiun. Diharapkan dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan prilaku hidup sehat, dapat menciptakan transportasi yang sehat, aman dan nyaman serta terus bisa terus bergerak produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement