Sabtu 10 Jun 2023 13:29 WIB

PLN Sumut Mudahkan Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

PLN menghadirkan promo penyambungan baru untuk pengisian daya di rumah.

Pengguna mobil listrik mengisi daya (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Muhammad Arif Pribadi
Pengguna mobil listrik mengisi daya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Utara memberikan berbagai kemudahan dalam pengisian daya untuk kendaraan listrik melalui layanan pengisian di rumah.

"Selain itu, PLN terus berupaya mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik," kata General Manajer PLN UID Sumut Awaluddin Hafid di Medan, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga

Ia menyebutkan peminat kendaraan listrik semakin meningkat di masyarakat saat ini. Salah satu keunggulan kendaraan listrik irit biaya operasional dibandingkan kendaraan konvensional yang berbahan bakar minyak (BBM).

"Kendaraan listrik menjadi sebuah inovasi dalam mengurangi emisi karbon dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil," ucap Awaluddin.

Ia mengatakan, emisi karbon dihasilkan kendaraan berbahan bakal fosil dalam menempuh jarak 10 kilometer mencapai 2,4 kilogram CO2e, sedangkan kendaraan listrik 1,02 kilogram CO2e. Harga satu liter BBM jenis RON 92 untuk kendaraan konvensional Rp 13.200, sedangkan kendaraan listrik 1,2 kwh seharga Rp 2.026,2.

Pengguna layanan home charging (pengisian daya di rumah) di Sumatra Utara hingga Mei 2023 telah mencapai 1.583 juta kilowatt hour (kWh) lebih. Sebanyak 30 pemilik kendaraan listrik telah menggunakan layanan ini. "Angka ini akan terus bertambah seiring antusiasme masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan," kata dia.

Untuk semakin memanjakan pengguna kendaraan listrik, PLN menghadirkan promo "Super EVeryday", yakni promo penyambungan baru (PB) untuk pengisian daya di rumah. "Promo ini dapat diikuti oleh semua golongan tarif pelanggan PLN, dengan rincian pelanggan tegangan rendah (TR) 1 Fasa cukup membayar 850 ribu rupiah untuk daya 7.700 VA dan pelanggan TR 3 Fasa membayar 3,5 juta rupiah untuk daya 13.200 VA," kata Awaluddin.

Agustian, salah satu pengguna layanan pengisian daya di rumah, mengatakan saat membeli kendaraan listrik mendapatkan fasilitas pendukung pengisian daya menggunakan layanan tersebut. Ia mengaku langsung memanfaatkan promo "Super EVeryday" dari PLN.

"Saya mendapatkan informasi promo tersebut melalui aplikasi PLN Mobile. Tanpa berpikir lama, saya langsung melakukan pendaftaran dan pembayaran," ucap Agustian.

Ia menjelaskan, dengan tanggap PLN langsung melakukan pemasangan permohonan baru kurang dari satu minggu sejak pembayaran. "Tidak hanya itu, saya hanya membayar Rp 850 ribu dan layanan home charging dengan daya 7.700 VA dapat dipergunakan di rumah," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement