Sabtu 10 Jun 2023 00:03 WIB

PKT Dukung Pengembangan Angkat Besi 

Angkat besi selalu mendulang emas untuk Indonesia dan perlu terus dikembangkan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendukung pengembangan olahraga angkat besi dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Angkat Besi Youth dan Junior Pupuk Indonesia 2023.
Foto: Pupuk Kaltim
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendukung pengembangan olahraga angkat besi dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Angkat Besi Youth dan Junior Pupuk Indonesia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendukung pengembangan olahraga angkat besi dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional Angkat Besi Youth dan Junior Pupuk Indonesia 2023 di Surabaya, Jawa Timur, pada 5-10 Juni 2023. VP Marketing Business Partner Retail Pupuk Kaltim Yusva Sulistyo mengatakan Pupuk Kaltim turut mendukung pengembangan atlet nasional, khususnya di bidang angkat besi. 

"Program ini merupakan wujud Pupuk Kaltim untuk memberikan dukungan Pupuk Indonesia Grup bersama dengan anak usaha Pupuk Indonesia Group, yaitu PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dan PT Petrokimia Gresik," ujar Yusva dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga

Selama ini, lanjut Yusva, angkat besi selalu mendulang emas dan sudah menjadi tradisi dalam nomor yang dipertandingkan dalam kejuaraan dunia. Karena itu, pengembangan atlet muda menjadi estafet penting yang harus dan terus dilanjutkan agar dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Nasional Angkat Besi Youth dan Junior Pupuk Indonesia 2023 Sonny Kasiran mengatakan kegiatan ini melibatkan 183 atlet dan 77 pelatih yang berasal dari 27 provinsi. 

 

“Dari Sumatra ada 6 provinsi, Jawa 6 provinsi, Bali, NTT, NTB, Kalimantan 4 provinsi, Sulawesi 1 provinsi dan Papua 2 provinsi,” ujar Sonny.

Sonny menyampaikan kejuaraan ini juga dilakukan ujian bagi enam orang wasit baru. Verifikasi data dan atlet remaja dan junior telah dilakukan sehingga pelaksanaan kejuaraan nasional diharapkan dapat berjalan dengan lancar. 

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Angkat Besi (PB PABSI) Djoko Pramono mengatakan penyelenggaraan kejuaraan ini memasuki tahun kedua yang dibantu Pupuk Indonesia Group. Djoko berterima kasih kepada Pupuk Indonesia Group yang membantu dan mendukung secara penuh kegiatan ini guna menghasilkan bibit atlet potensial yang kelak diharapkan menjadi juara dunia dan menjadi atlet yang merebut olimpiade yang akan datang,” ucap Djoko.

Djoko menambahkan Kejurnas merupakan bagian pembinaan jangka panjang yang memerlukan pendekatan khusus untuk menjalin talenta muda melalui pemanfaatan sports science yang terukur di bawah kendali bagian Bina Prestasi PB PABSI. Karena itu, kegiatan ini perlu dukungan anggaran yang besar agar pelaksanaan Kejurnas sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

“Kami sangat senang dan bangga karena animo yang besar dari setiap daerah yang dibuktikan dengan peserta dari hampir seluruh daerah,” ujar Djoko.

Djoko mengatakan atensi di setiap daerah untuk menciptakan atlet muda potensial semakin menggeliat. Djoko pun berharap agar pelaksanaan Kejurnas ini dapat dilanjutkan secara terus menerus dalam tahun-tahun mendatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement