Sabtu 03 Jun 2023 23:37 WIB

Erick Thohir Resmikan Revitalisasi Lokananta di Surakarta

Lokananta adalah perusahaan rekaman pertama dan terbesar di Indonesia didirikan 1956..

Red: Yogi Ardhi

Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan penyanyi senior Titiek Puspa saat menghadiri acara Pembukaan Lokananta di Solo. (FOTO : ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Menteri BUMN Erick Thohir bersama sejumlah musisi saat menghadiri Pembukaan Lokananta di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/6/2023). (FOTO : ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Menteri BUMN Erick Thohir bersama penyanyi keroncong Waldjinah dan musisi David Bayu menghadiri Pembukaan Lokananta di Solo. (FOTO : ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Kementerian BUMN ikut mendorong kemajuan industri musik dan seni di Indonesia melalui revitalisasi dan pengembangan aset Lokananta di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Lokananta akan dijadikan sebagai sentra kreativitas bagi para musisi, seniman, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Lokananta adalah perusahaan rekaman pertama dan terbesar di Indonesia yang didirikan oleh R Maladi pada 1956. Sebagai “Titik Nol” musik Indonesia, Lokananta sempat mengalami kejayaan di tahun 1970-1980-an dengan mengorbitkan sejumlah legenda musik Indonesia, seperti Gesang, Waldjinah, Bing Slamet, Titiek Puspa, dan Sam Saimun. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, Lokananta sempat tertinggal sampai vakum dan terbengkalai pada era 1990-an.

 

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement