Ahad 04 Jun 2023 02:12 WIB

Digitalisasi Kunci Pertumbuhan dan Daya Saing

Bahkan tidak menutup kemungkinan kearah kecerdasan buatan/AI juga akan dilakukan.

Akselerasi digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan dan daya saing industri saat kini. Digitalisasi menopang pertumbuhan kinerja perusahaan terlebih perbankan yang mensyaratkan efisiensi dalam operasionalnya.
Foto: Istimewa
Akselerasi digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan dan daya saing industri saat kini. Digitalisasi menopang pertumbuhan kinerja perusahaan terlebih perbankan yang mensyaratkan efisiensi dalam operasionalnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akselerasi digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan dan daya saing industri saat kini. Digitalisasi menopang pertumbuhan kinerja perusahaan terlebih perbankan yang mensyaratkan efisiensi dalam operasionalnya.

Seperti diperlihatkan Bank DKI di bawah nakhoda Direktur Utama, Fidri Arnaldy, dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnis secara konsisten dan berbagai langkah inovasi ke arah digitalisasi. Dalam kondisi penuh tantangan saat dan pascapandemi Covid-19, perseroan justru mampu mencatatkan pertumbuhan laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdirinya pada akhir tahun 2022.

Laba bersih mencapai Rp 939,11 miliar atau tumbuh 29,11 persen. Total aset tumbuh menjadi sebesar Rp 78,88 triliun, yang didukung pertumbuhan kredit sebesar 23,53 persen dan pertumbuhan DPK 12,82 persen. 

"Leadership bukan hanya melibatkan pengambilan keputusan dan pengarahan, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan membimbing anggota tim menuju tujuan bersama yang diinginkan," ujar Fidri, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/6/2023).

Bank milik Pemprov DKI Jakarta ini adaptif mengembangkan layanan perbankan digital untuk memperluas akses keuangan masyarakat. Termasuk layanan perbankan digital lainnya seperti Cash Management System, serta pengembangan aplikasi digital lending untuk fasilitas kredit serta pembiayaan. 

Dalam hal pelayanan transaksi nontunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta. Juga tiket masuk museum serta tempat wisata kelolaan Pemprov dan BUMD DKI Jakarta, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerja sama dengan perseroan. 

Kontribusi luar biasa ini berbuah penghargaan 'Pemimpin Terbaik Industri Finansial tahun 2023 – Best Leader for Sustainability Acceleration Through Business Expansion and Implement Non-Cash Transactions, (Category: KBMI 2, BPD)' yang diberikan redaksi Warta Ekonomi. Seremoni penghargaan diterima langsung oleh Fidri pada ajang Indonesia Financial Top Leader Awards 2023 yang diselenggarakan secara daring.

"Penghargaan ini diraih atas sinergi dan kolaborasi dari pemegang saham, dukungan nasabah dan seluruh pekerja," ujar Fidri.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menyampaikan perseroan akan terus berinovasi, menciptakan berbagai peluang baru serta berupaya meningkatkan nilai tambah dengan berorientasi pada digitalisasi. Implementasi strategi bisnis yang berbasis pada transformasi digital dan analisis big data. 

"Bahkan tidak menutup kemungkinan kearah kecerdasan buatan/AI juga akan dilakukan sebagai strategi mencapai pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement