Kamis 01 Jun 2023 19:10 WIB

AP II Pastikan 20 Bandara Siap Layani Penerbangan Libur Panjang

Peningkatan lalu lintas penerbangan sudah terlihat sejak Rabu.

Calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) selaku pengelola 20 bandara utama di Indonesia memastikan kesiapannya dalam melayani penerbangan selama masa angkutan libur panjang akhir pekan pada 1-4 Juni 2023. President Director PT AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis diterima di Tangerang, Banten, mengatakan sebagai bentuk kesiapan layanan penerbangan pada long weekend ini telah dikoordinasikan dengan maskapai serta stakeholder lainnya.

"Memasuki libur panjang akhir pekan, bandara-bandara AP II melayani lebih banyak penumpang dimana peningkatan penumpang sudah terlihat sejak Rabu (31/5/2023) kemarin. AP II bersama seluruh stakeholder memastikan kesiapan layanan dan fasilitas untuk melayani perjalanan masyarakat pada libur panjang akhir pekan ini," katanya, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga

Dia mengungkapkan, sejauh ini peningkatan lalu lintas penerbangan di bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II sudah terlihat sejak Rabu atau sehari sebelum libur panjang akhir pekan dimulai.

"Bandara AP II menjamin ketersediaan slot time penerbangan, sehingga kebutuhan perjalanan masyarakat tidak terganggu," ujarnya.

 

Ia juga menyebutkan, di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia telah mencatat jumlah penumpang sebanyak 120.854 orang. Bandara tersebut mengalami peningkatan 26,53 persen atau menjadi 152.905 orang penumpang saat memasuki libur panjang.

Sementara itu, berdasarkan informasi rencana penerbangan yang diterima AP II dari maskapai, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan alami peningkatan lagi pada hari ini dengan mencapai sekitar 181.505 penumpang.

"Maskapai membuka rute dan menambah frekwensi penerbangan di bandara-bandara AP II untuk mengakomodir adanya permintaan termasuk pada libur panjang 1 - 4 Juni 2023," katanya lagi.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menambahkan, maskapai Indonesia AirAsia membuka satu rute internasional yakni Jakarta-Ho Chi Minh City (Vietnam) pada 31 Mei 2023.

"Rute internasional ini turut memperkuat konektivitas Bandara Soekarno-Hatta di kawasan ASEAN untuk turut mendukung pertumbuhan pariwisata di Indonesia," ujarnya pula.

Dwi menuturkan AP II bersama pihak maskapai akan kembali menjajaki pembukaan rute domestik dan internasional guna mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Salah satunya yang sudah menambah rute domestik itu, di Bandara Husein Sastranegara (Bandung), maskapai Super Air Jet menambah frekuensi penerbangan di rute Bandung-Denpasar dan Bandung-Kualanamu.

"Maskapai Super Air Jet melayani rute Bandung-Denpasar sebanyak 3 kali sehari dan rute Bandung-Kualanamu sebanyak 2 kali sehari," ujar dia lagi.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement