Selasa 30 May 2023 14:47 WIB

25 Pasukan Penjaga Perdamaian NATO Terluka dalam Bentrokan dengan Serbia

Serbia bentrok dengan pasukan NATO dan polisi Kosovo di kotamadya Zvecan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
 Prajurit pasukan penjaga perdamaian internasional yang dipimpin NATO (KFOR) mengatur posisi di depan gedung kotamadya di Zvecan, Kosovo, 30 Mei 2023. Setidaknya 25 penjaga perdamaian KFOR dan 53 warga sipil terluka setelah bentrokan antara pasukan keamanan dan etnis Serbia pecah di Zvecan pada 30 Mei 2023. Ketegangan berlanjut di wilayah utara Kosovo, dengan mayoritas etnis Serbia, yang muncul setelah walikota etnis Albania menjabat di empat kota setelah pemilu yang diboikot oleh komunitas Serbia.
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Prajurit pasukan penjaga perdamaian internasional yang dipimpin NATO (KFOR) mengatur posisi di depan gedung kotamadya di Zvecan, Kosovo, 30 Mei 2023. Setidaknya 25 penjaga perdamaian KFOR dan 53 warga sipil terluka setelah bentrokan antara pasukan keamanan dan etnis Serbia pecah di Zvecan pada 30 Mei 2023. Ketegangan berlanjut di wilayah utara Kosovo, dengan mayoritas etnis Serbia, yang muncul setelah walikota etnis Albania menjabat di empat kota setelah pemilu yang diboikot oleh komunitas Serbia.

REPUBLIKA.CO.ID, ZVECAN -- Pasukan penjaga perdamaian pimpinan NATO (KFOR) pada Senin (29/5/2023) mengatakan, 25 tentaranya terluka dalam bentrokan dengan etnis Serbia di Kosovo Utara. Bentrokan terjadi setelah mereka mencoba mengambil alih kantor salah satu kotamadya tempat wali kota etnis Albania terpilih dalam pemilihan lokal.

Serbia bentrok dengan pasukan NATO dan polisi Kosovo di kotamadya Zvecan, yang terletak 45 kilometer utara ibu kota. Para prajurit menembakkan gas air mata dan granat kejut untuk melindungi petugas Kosovo dan membubarkan pengunjuk rasa. Orang-orang Serbia yang berkumpul menanggapi dengan melemparkan batu dan benda keras lainnya ke arah mereka.

Baca Juga

"Beberapa tentara kontingen KFOR Italia dan Hungaria menjadi sasaran serangan tak beralasan dan luka trauma yang berkelanjutan dengan patah tulang dan luka bakar akibat ledakan perangkat pembakar," kata penjaga perdamaian NATO dalam sebuah pernyataan.

Beberapa kendaraan polisi Kosovo dan satu kendaraan milik wartawan dirusak dan disemprot dengan simbol nasionalis Serbia. Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan, dia akan menghabiskan malam dengan pasukannya di perbatasan dengan Kosovo yang ditempatkan pada keadaan siaga tertinggi atas perintahnya minggu lalu. 

Dia mengatakan, 52 orang Serbia terluka dalam bentrokan itu. Tiga orang mengalami luka serius dan empat orang ditahan.

“Konsekuensi (bentrokan) besar dan serius dan satu-satunya pelakunya adalah (Perdana Menteri Kosovo) Albin Kurti,” kata Vucic. 

Vucic menyebut pasukan Albania di Kosovo Utara sebagai penjajah. “Saya ulangi untuk yang terakhir kalinya dan saya memohon komunitas internasional untuk memastikan Albin Kurti melihat alasannya. Jika tidak, saya khawatir sudah terlambat bagi kita semua," ujarnya.

Kekerasan itu merupakan insiden terbaru saat ketegangan melonjak selama akhir pekan lalu. Serbia menempatkan militernya dalam siaga tinggi dan mengirim lebih banyak pasukan ke perbatasan Kosovo.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008. Kosovo dan Serbia telah bermusuhan selama beberapa dekade. Serbia menolak untuk mengakui kedaulatan Kosovo.

Amerika Serikat dan Uni Eropa telah meningkatkan upaya untuk membantu menyelesaikan perselisihan Kosovo-Serbia. Hal ini mengkhawatirkan ketidakstabilan lebih lanjut di Eropa karena perang Rusia berkecamuk di Ukraina. Uni Eropa telah menjelaskan kepada Serbia dan Kosovo bahwa mereka harus menormalkan hubungan jika ingin membuat kemajuan untuk bergabung dengan blok tersebut.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menggambarkan situasi di Kosovo sangat mengkhawatirkan. Dia menyalahkan AS dan NATO karena mengklaim dominasi di negara tersebut.

“Sebuah 'ledakan' besar sedang terjadi di tengah Eropa, di tempat di mana, pada tahun 1999, NATO melakukan agresi terhadap Yugoslavia,” kata Lavrov, mengacu pada intervensi yang dipimpin NATO pada 1999, yang menghentikan sebuah penumpasan berdarah Serbia terhadap separatis etnis Albania.

Pada Senin, polisi Kosovar dan pasukan Kosovo yang dipimpin NATO, atau KFOR, terlihat melindungi gedung-gedung kota di Zvecan, Leposavic, Zubin Potok, dan Mitrovica. Empat kota di utara ini mengadakan pemilihan awal bulan lalu.

Pemungutan suara sebagian besar diboikot oleh etnis Serbia, yang merupakan mayoritas di wilayah tersebut. Hanya perwakilan etnis Albania atau minoritas kecil lainnya yang terpilih untuk jabatan wali kota dan majelis.

Perdana Menteri Serbia, Ana Brnabic, mengkritik penanganan pasukan internasional di Kosovo. Dia mengatakan, KFOR tidak melindungi rakyat, tetapi melindungi para perampas.

“Tapi, kita harus menjaga perdamaian. Kedamaian adalah semua yang kita miliki,” kata Brnabic.

KFOR telah meningkatkan kehadirannya di empat kota di wilayah Kosovo utara. KFOR meminta semua pihak untuk menahan diri dari tindakan yang dapat menyebabkan eskalasi dan mendesak Serbia dan Kosovo untuk terlibat dalam dialog yang dipimpin Uni Eropa.

Pada Jumat (26/5/2023) lalu, etnis Serbia di Kosovo Utara mencoba memblokir pejabat etnis Albania yang baru terpilih untuk memasuki gedung kota. Polisi Kosovo menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa dan membuka jalan bagi pejabat baru masuk ke kantor. AS dan Uni Eropa mengutuk pemerintah Kosovo karena menggunakan polisi untuk memasuki gedung kota secara paksa.

Konflik di Kosovo meletus pada 1998 ketika separatis etnis Albania memberontak melawan kekuasaan Serbia. Ketika itu, Serbia menanggapinya dengan tindakan brutal. 

Sekitar 13.000 orang, kebanyakan etnis Albania, meninggal.  Intervensi militer NATO pada 1999 akhirnya memaksa Serbia untuk menarik diri dari wilayah tersebut.  Washington dan sebagian besar negara Uni Eropa telah mengakui Kosovo sebagai negara merdeka. Tetapi Serbia, Rusia, dan China belum mengakuinya. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement