Selasa 30 May 2023 14:41 WIB

Ganjar Pranowo Sambut Para Biksu yang Menjalani Ritual Thudong

Para biksu total menempuh perjalanan sejauh 2.600 kilometer.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut para biksu yang menjalani ritual suci umat Budhha, yaitu Thudong. Para biksu telah tiba di Jawa Tengah pada Senin (29/5/2023), setelah berjalan melakukan ritualnya dari Thailand sejak 25 Maret 2023.

"Dari perjalanan para biksu yang menjadi ritual Thudong ini kita belajar arti ketulusan dan cinta kasih. Selamat datang Saudaraku, doa kami dalam setiap langkahmu," kata Ganjar melalui Twitter resminya dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Selasa (30/5/2023).

Sebelumnya, dalam video yang diunggah oleh Young Buddhist Association (YBA) di Twitter @ybaindonesia, ratusan orang di Ambarawa menyambut para biksu yang baru tiba. Mereka bergantian mengambil foto para biksu dan menyapa dengan antusias pada biksu yang melakukan Thudong.

"Ambarawa Lautan Manusia! terima kasih warga Ambarawa yang begitu antusias menyambut para Bhikkhu Thudong," keterangan YBA di Twitter @ybaindonesia pada Selasa.

Perjalanan yang memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) tersebut sudah dimulai sejak 25 Maret 2023 dengan rute awal Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia. Adapun rute jalan kaki yakni Batam-Jakarta-Bekasi-Cikarang-Karawang-Cikampek-Pamanukan-Kandanghaur-Jatibarang-Cirebon-Losari-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Banyuputih-Kendal-Semarang-Ambarawa-Magelang.

Total perjalanan diperkirakan sejauh 2.600 kilometer (km). Thudong merupakan perjalanan spiritual yang dilakukan biksu-biksu yang berpengalaman. Ritualnya diharuskan berjalan kaki yang sudah menjadi tradisi sejak ratusan tahun lalu. Adapun dukungan terhadap ritual ini dengan diiringinya mereka dengan mobil untuk siaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement