Jumat 26 May 2023 10:06 WIB

Lebih Ramah Lingkungan, Bank Asing Ini Gunakan Motor Listrik untuk Operasional

Inilah bank asing pertama di Indonesia yang mengadopsi energi terbarukan.

Untuk mencapai emisi nol bersih (net zero emission) dan sebagai tindakan proaktif guna mengurangi jejak karbon, MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta (MUFG), mengumumkan penggunaan motor listrik untuk kegiatan operasional./ilustrasi
Foto: Timesnownews.com
Untuk mencapai emisi nol bersih (net zero emission) dan sebagai tindakan proaktif guna mengurangi jejak karbon, MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta (MUFG), mengumumkan penggunaan motor listrik untuk kegiatan operasional./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kendaraan listrik memiliki peluang untuk berkembang pesat di Indonesia. Penjualan, penggunaan, dan pengembangan teknologi untuk jenis kendaraan ini diprediksi akan meningkat pada masa depan. Tak hanya lebih irit untuk bahan bakar, kendaraan listrik juga tentunya lebih ramah lingkungan.

Untuk mencapai emisi nol bersih (net zero emission) dan sebagai tindakan proaktif guna mengurangi jejak karbon, MUFG Bank, Ltd. Cabang Jakarta (MUFG), mengumumkan penggunaan motor listrik untuk kegiatan operasional.

Baca Juga

''Ini adalah bukti untuk mempercepat upaya kami guna mencapai emisi nol bersih (net zero emission) dari operasi kami sendiri pada tahun 2030," kata Kazushige Nakajima, Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, Ltd., Cabang Jakarta, dalam siaran pers, Jumat (26/5/2023).

Inisiatif ini diyakini sebagai yang pertama di antara bank-bank asing di Indonesia. Acara serah terima motor listrik dipimpin oleh Kazushige Nakajima, Executive Officer, Country Head Indonesia, MUFG Bank, Ltd., Cabang Jakarta, dan dihadiri oleh perwakilan dari brand partner yang mendukung program EV ini, PT Takari Kokoh Sejahtera, dan PT HPP Energy Indonesia di Haru Room, Trinity Tower.

"Dengan kolaborasi yang kami jalin antara PT Takari Kokoh Sejahtera dan PT HPP Energy Indonesia untuk menyediakan sepeda motor EV di MUFG, akan menjadi milestone bagi kami untuk fokus pada komitmen kami untuk menciptakan pertumbuhan bisnis, sekaligus membangun keseimbangan kinerja dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan,'' ujar Kazushige. 

Sebagai satu grup, MUFG, Danamon dan Adira Finance juga aktif bekerja sama untuk mempromosikan kendaraan listrik dan terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra (pemasok dan pembeli) seperti perusahaan manufaktur. Salah satu bukti dukungan adalah ketersediaan charging station di Menara Bank Danamon yang merupakan hasil kolaborasi grup dengan PLN dan penyaluran pembiayaan kendaraan listrik yang dicatatkan Adira Finance meningkat signifikan pada kuartal 1 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, mencapai Rp 19,2 miliar.

"MUFG akan secara bertahap beralih ke moda transportasi bertenaga listrik dan mempromosikan penggunaan listrik sumber energi terbarukan. Tahun lalu MUFG menjadi bank asing pertama di Indonesia yang mengadopsi energi terbarukan dengan membeli Sertifikat Energi Terbarukan, yang dikeluarkan oleh Perusahaan Listrik Negara Indonesia. Ini akan mencakup penggunaan listrik di semua kantor kami di Jakarta dan merupakan bukti dari green effort Bank," kata Kazushige Nakajima.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement