Senin 22 May 2023 17:58 WIB

Indonesia Jadi Negara Asia Tenggara Pertama Isi Tahun Kebudayaan Qatar

Indonesia terpilih menjadi mitra Tahun Kebudayaan Qatar

Indonesia terpilih menjadi mitra Tahun Kebudayaan Qatar atau Qatar Years of Culture 2023, sekaligus negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kesempatan untuk melangsungkan pertukaran budaya dengan negara tersebut.
Foto: EPA-EFE/Noushad Thekkayil
Indonesia terpilih menjadi mitra Tahun Kebudayaan Qatar atau Qatar Years of Culture 2023, sekaligus negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kesempatan untuk melangsungkan pertukaran budaya dengan negara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia terpilih menjadi mitra Tahun Kebudayaan Qatar atau Qatar Years of Culture 2023, sekaligus negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kesempatan untuk melangsungkan pertukaran budaya dengan negara tersebut.

"Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang dipilih sebagai mitra Tahun Kebudayaan Qatar karena kekayaan dan kekhasan budaya, juga karena kehadiran masyarakat Indonesia yang dianggap berkontribusi terhadap kehidupan sehari-hari maupun untuk kemajuan sosial budaya di sini," kata Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan pada jumpa pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (22/5/2023).

Ridwan mengatakan selama ini ada 22.000 diaspora Indonesia di Qatar yang berperan besar mempromosikan budaya Indonesia. Selain itu, menurutnya, banyak sekali persamaan budaya antara Qatar dan Indonesia.

"Ikatan budaya Qatar-Indonesia sudah dilakukan sejak lama dan mengalami perjalanan yang panjang. Di Qatar juga banyak diaspora yang bekerja di bidang migas, hospitality, bahkan industri rumahan, yang tentu saja menyumbang perekonomian di sini. Di bidang budaya, tentu saja kita memiliki persamaan, utamanya yakni pengaruh Islam," kata Ridwan.

Ditambahkan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Faridakan ada rangkaian kegiatan lain untuk memeriahkan Tahun Kebudayaan Qatar ini hingga Desember 2023.

Beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat diantaranya Festival Kopi sebagai alat diplomasi antara Indonesia dengan Qatar, juga pameran fotografi yang menjadi salah satu upaya pertukaran budaya.

"Fokusnya dialog kebudayaan antara kedua bangsa. Temanya Bhinneka, karena Qatar juga termasuk salah satu negara yang beragam. Penduduk Qatar sendiri hanya 15 persen, 85 persennya datang dari berbagai bangsa. Jadi orang dari segala bangsa ada di sana, untuk itu kita ingin merayakan perbedaan tersebut. Indonesia diharapkan dapat berkontribusi, sehingga akan timbul pergaulan antar bangsa yang solid di level kebudayaan," tutur Hilmar.

Sebelumnya Qatar telah melangsungkan Tahun Kebudayaan bersama berbagai negara yakni Qatar-Jepang 2012, Qatar-Inggris 2013, Qatar-Brasil 2014, Qatar-Turki 2015, Qatar-China 2016, Qatar-Jerman 2017, Qatar-Rusia 2018, Qatar-India 2019, Qatar-Prancis 2020, dan Qatar-Amerika Serikat 2021.

Dalam perayaan hari jadi yang ke-10, Tahun Kebudayaan 2022 dirayakan di seluruh wilayah Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Selatan saat Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement