Senin 22 May 2023 07:57 WIB

Hari Ini Banget, Bitcoin Pizza Day!

22 Mei adalah hari pertama kalinya bitcoin bisa dipakai membeli dua loyang pizza.

Pizza. 22 Mei dikenal sebagai perayaan Bitcoin Pizza Day. Peristiwa yang terjadi pada 22 Mei 2010 tersebut memperingati hari pertama kali bitcoin (BTC) bisa dipakai membeli barang fisik yakni dua loyang pizza.
Foto: Pixabay
Pizza. 22 Mei dikenal sebagai perayaan Bitcoin Pizza Day. Peristiwa yang terjadi pada 22 Mei 2010 tersebut memperingati hari pertama kali bitcoin (BTC) bisa dipakai membeli barang fisik yakni dua loyang pizza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 22 Mei dikenal sebagai perayaan Bitcoin Pizza Day. Peristiwa yang terjadi pada 22 Mei 2010 tersebut memperingati hari pertama kali bitcoin (BTC) bisa dipakai membeli barang fisik yakni dua loyang pizza.

Orang yang membeli pizza itu adalah programmer Floridian, Laszlo Hanyecz, yang juga merupakan penambang bitcoin awal.

Baca Juga

Sebelum bitcoin pertama kali dipecah dua (halving) pada 2012, setiap penambang yang berhasil menemukan blok baru diberi hadiah 50 BTC. Artinya, seseorang hanya perlu menambang 200 blok untuk mendapatkan 10.000 BTC, yang tidak terlalu sulit mengingat tidak banyak orang yang bersaing untuk menambangnya pada saat itu.

Dilansir dari Coindesk, pada 18 Mei, Hanyecz mengumumkan di sebuah forum bernama Bitcointalk.org bahwa dia ingin membeli dua loyang besar pizza menggunakan bitcoin. Dia menawarkan 10.000 BTC kepada siapa saja yang mau memesan, mengumpulkan, dan membawanya kepadanya. Seseorang menunjukkan bahwa dia bisa mendapatkan 41 dolar AS untuk bitcoin tersebut di sebuah laman pertukaran uang kripto. Itu berarti harga BTC kurang dari setengah sen per koin kala itu.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS pada 2019, Hanyecz mengatakan, menurutnya transaksi tersebut "membuat (bitcoin) menjadi nyata bagi sebagian orang. "Itu harusnya juga berhasil untuk saya," kata Hanyecz.

Pada 21 Mei, dia masih belum berhasil menemukan siapa pun untuk menyelesaikan transaksi pizza bitcoinnya. Kemudian, akhirnya, keesokan harinya seseorang menerima tawaran itu. Sebuah langkah yang kemudian tercatat dalam sejarah.

"Saya hanya ingin melaporkan bahwa saya berhasil menukar 10.000 bitcoin untuk pizza," kata Hanyecz mengumumkan.

Pizza dibuat oleh Papa John's, tetapi Hanyecz membelinya dari seorang anak berusia 19 tahun bernama Jeremy Sturdivant alias Jercos.

Satu dekade kemudian, bitcoin yang sama itu dihargai sangat mahal. Jika Hanyecz menjual seluruh simpanannya pada harga bitcoin tertinggi sepanjang masa sebesar yakni 68.990 dolar AS, dia bisa menghasilkan sekitar $690 juta – cukup untuk membeli 46 juta pizza besar Papa John seharga 15 per loyang.

Setelah peristiwa bersejarah itu, komunitas kripto global berkumpul pada 22 Mei setiap tahun untuk merayakan transaksi bitcoin fisik pertama dan untuk mengingatkan Hanyecz bagaimana dia bisa memiliki sepersepuluh dari kekayaan Melinda Gates.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement