Senin 15 May 2023 11:38 WIB

Erdogan Mulai Rayakan Hasil Sementara Pemilihan Presiden

Erdogan terlihat gembira, sikap yang jarang yang tunjukan selama masa kampanye.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pemilihan presiden tahun ini akan menjadi keputusan politik terpenting dalam 100 tahun sejarah Turki.
Foto: AP Photo/Ali Unal
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pemilihan presiden tahun ini akan menjadi keputusan politik terpenting dalam 100 tahun sejarah Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan pidato energik dan rasa gembira ke pendukungnya, yang berkumpul di kantor pusat Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Ankara. Ia naik ke atas panggung menyanyikan salah satu lagu kampanyenya yang berjudul "Bagi Mereka yang Mendengar dan Bagi Mereka yang tidak Mendengar".

Pidato itu tampaknya sebagai upaya untuk menguasai narasi keunggulan di putaran pertama pemilihan presiden. Oposisi menolak hasil sementara karena menurut mereka masih banyak suara yang belum dihitung. Komisi Pemilihan Umum Turki (YSK) mengatakan, sudah sekitar 87,13 persen suara yang sudah dihitung.

Baca Juga

"Kami sangat mencintai kalian," kata Erdogan pada massa, seperti dikutip dari the Guardian, Senin (15/5/2023).

Ia terlihat gembira, sikap yang jarang dia tunjukan selama masa kampanye. Awalnya, Erdogan berjanji untuk menggelar kampanye yang lebih tenang seusai gempa bumi mematikan yang menewaskan 50 ribu orang, tapi pada akhir masa kampanye putaran pertama, kampanyenya lebih meriah.

"Seseorang berada di dapur, kami di balkon," kata Erdogan merujuk video kandidat presiden oposisi Kemal Kılıçdaroğlu yang berada di dapur untuk menunjukkan dirinya sebagai politisi bersahaja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement