Rabu 10 May 2023 12:16 WIB

Regulator AS Simpan Bahan Bakar Bekas Nuklir Seluruh Negeri di New Mexico

AS simpan berton-ton bahan bakar nuklir bekas di New Mexico

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Regulator nuklir Amerika Serikat Komisi Regulasi Nuklir (NRC) melisensikan kompleks bernilai miliaran dolar untuk menyimpan sementara berton-ton bahan bakar nuklir bekas di New Mexico.
Foto: EPA-EFE/SERGEI ILNITSKY
Regulator nuklir Amerika Serikat Komisi Regulasi Nuklir (NRC) melisensikan kompleks bernilai miliaran dolar untuk menyimpan sementara berton-ton bahan bakar nuklir bekas di New Mexico.

REPUBLIKA.CO.ID, ALBUQUERQUE -- Regulator nuklir Amerika Serikat Komisi Regulasi Nuklir (NRC) melisensikan kompleks bernilai miliaran dolar untuk menyimpan sementara berton-ton bahan bakar nuklir bekas di New Mexico. Fasilitas itu akan menyimpan bahan bakar nuklir dari pembangkit listrik komersial di seluruh negara.

NRC mengeluarkan keputusan  tersebut pada Selasa (9/5/2023). Badan itu mengatakan, akan mengizinkan perusahaan energi Holtec International untuk membangun dan mengoperasikan fasilitas di tenggara New Mexico. Holtec yang berbasis di New Jersey mungkin masih perlu mendapatkan izin dari negara bagian.

Bahan bakar bekas yang panas dan sangat radioaktif terdiri dari pelet uranium di dalam batang logam. Benda tersebut hanya dapat ditangani oleh mesin dan orang harus dilindungi secara fisik, biasanya dengan baja atau beton.

Proyek New Mexico akan memiliki kapasitas untuk menyimpan sementara hingga 8.680 metrik ton bahan bakar uranium bekas. Ekspansi di masa depan dapat memberi ruang bagi sebanyak 10 ribu tabung selama enam dekade. Bahan tersebut akan diangkut ke New Mexico melalui kereta api.

Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham dan delegasi kongres negara bagian mengatakan, khawatir New Mexico akan menjadi tempat pembuangan bahan bakar nuklir bekas. Kekhawatiran ini berdasarkan sikap pemerintah federal yang tidak memiliki solusi permanen untuk limbah yang menumpuk di reaktor komersial di seluruh negeri.

New Mexico menyetujui undang-undang yang bertujuan untuk menghentikan proyek tersebut pada Maret. “Tindakan NRC hari ini menggambarkan pentingnya larangan baru New Mexico pada penyimpanan dan pembuangan limbah nuklir tingkat tinggi. Sudah waktunya suara kita didengar dan dihormati, dan proyek ini ditutup,” kata senator negara bagian Jeff Steinborn yang juga mensponsori tindakan tersebut.

Pertempuran serupa tentang tindakan yang harus dilakukan dengan bahan bakar bekas telah dilancarkan di Nevada, Utah, dan Texas selama beberapa dekade. AS telah berjuang untuk menemukan rumah bagi bahan dan limbah radioaktif lainnya.

 

Proyek Yucca Mountain yang diusulkan di Nevada dibatalkan. Tempat penyimpanan sementara yang direncanakan pada reservasi warga pribumi Amerika di Utah dikesampingkan meskipun telah dilisensikan oleh NRC pada tahun 2006.

Para pemimpin terpilih di Texas tidak berhasil mencegah NRC melisensikan proyek serupa pada 2021. Lokasi yang menjadi pusat pertarungan itu berada di dekat perbatasan Texas-New Mexico.

Area tersebut merupakan tempat Integrated Storage Partners LLC berencana untuk menyimpan hingga 5.000 metrik ton  pembelanjaan bahan bakar dan sekitar 230 metrik ton limbah radioaktif tingkat rendah selama 40 tahun. Tahap selanjutnya dapat meningkatkan kapasitas tersebut menjadi 40.000 metrik ton bahan bakar.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement