Selasa 09 May 2023 22:54 WIB

KTT ASEAN Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo

KTT ASEAN juga mendorong roda perekonomian nasional.

 Presiden Joko Widodo (kanan tengah) mendengarkan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh (kiri tengah) pada pertemuan bilateral menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09-11 Mei.
Foto: EPA-EFE/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan tengah) mendengarkan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh (kiri tengah) pada pertemuan bilateral menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 dan pertemuan terkait pada 09-11 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan (Kadinparekraf) Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut menyampaikan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo di masa-masa mendatang. "KTT ini sudah memberikan jaminan tentang keamanan dan kenyamanan Labuan Bajo, ini akan mendongkrak wisatawan ke Labuan Bajo. Dari beberapa tahun sebelumnya, beberapa kegiatan tujuannya promosi dan pelestarian budaya," ujar Pius, di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023).

Pada KTT Ke-42 ASEAN ini, dia menyebut Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi telah mengedarkan Surat Edaran (SE) kepada para pelaku pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya untuk turut mendukung penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN. "Ada beberapa Surat Edaran (SE) dari bupati ke pelaku pariwisata untuk mendukung KTT Ke-42 ASEAN, sesuai dengan jenis usaha dan ijin masing-masing," ujar Pius.

Baca Juga

Indonesia mengangkat tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth 'yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia, yang bertujuan memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN sehingga mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan. KTT Ke-24 Asean salah satunya juga mendorong roda perekonomian nasional di berbagai kota di seluruh Indonesia, serta momentum untuk memperlihatkan kemajuan pembangunan nasional, sehingga bisa menjadi daya tarik.

Hingga Selasa, Dinparekraf Manggarai Barat mencatat semua ketersediaan kamar hotel yang berjumlah kisaran 2.000 kamar di sekitar Labuan Bajo, sudah penuh terisi untuk tanggal 7 Mei hingga 12 Mei 2023. Sebagai contoh, Loccal Collection Hotel saat dikunjungi oleh Antara, mengonfirmasi keterisian kamar sudah penuh (full) untuk tanggal 7 Mei hingga 12 Mei 2023.

"Kenaikannya luar biasa, kita hari biasanya 60 sampai 70 persen (keterisian kamar). sekarang 100 persen terus," ujar Front Office Manager Loccal Collection Hotel Rian Hidayat.

Selama penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN, dia menyebut pemerintah memberikan pesan agar memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu, baik dari dalam negeri maupun delegasi dari luar negeri. "Labuan Bajo siap menerima dan melayani event besar bertaraf internasional, agar tamu tamu tahu bahwa kami disini mampu, di Labuan Bajo terutama," ujar Rian.

Seiring dengan penuhnya kapasitas hotel tersebut, pihaknya mendorong para penduduk lokal untuk menyediakan penginapan dadakan atau home stay demi menampung para tamu yang kehabisan kamar hotel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement