Selasa 09 May 2023 22:24 WIB

Kelompok Milenial Dukung Erick Jadikan UMKM sebagai Tulang Punggung Ekonomi

Erick menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia ditentukan oleh pelaku UMKM.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Harlah dan Rakernas PB Al-Khairiyah di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).
Foto: Dok Rep
Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Harlah dan Rakernas PB Al-Khairiyah di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengingatkan bahwa sektor kewirausahaan merupakan tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia. Pernyataan ini disampaikan Erick saat bertemu dengan sejumlah calon pengusaha.

Sejalan dengan Erick, Bendahara Umum Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Tafrichul Fuady menilai bahwa ekosistem dari bisnis mikro harus dibangun secara bersama, berhubung hal itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga

“Kami menilai pernyataan Pak Erick mengenai UMKM sangat mempertimbangkan masa depan pertumbuhan ekonomi Indonesia, berhubung dampak dari UMKM itu signifikan,” ujar Tafrichul Fuady dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (9/5/2023).

Lebih lanjut, Tafrichul Fuady juga menilai bahwa BUMN perlu untuk terus mendampingi dan memfasilitasi para pelaku UMKM.

“Perusahaan pelat merah seperti BUMN penting untuk terus mendampingi dan memfasilitasi para pelaku UMKM. Salah satunya melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM yang saya kira adalah bukti konkretnya dan itu perlu dikembangkan,” ucap Fuady.

Bagi Tafrichul Fuady, PaDi UMKM merupakan sebuah ekosistem platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN. 

“Saya menilai PaDi memberi ruang dan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan pembiayaan dari BUMN. Platform tersebut digadang-gadang akan mendorong terciptanya efisiensi dan transparansi, khususnya di lingkungan BUMN dalam proses pengadaan barang dan jasa dengan UMKM,” kata Fuady.

Sebelumnya, Erick menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia ditentukan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Karena itu ekosistem dari bisnis mikro harus dibangun secara bersama.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di pundak para pelaku UMKM. Untuk itu BUMN terus mendorong mendampingi. Kita bangun bersama ekosistem ekonomi yang berkelanjutan," ujar Erick melalui akun pribadinya @erickthohir, Ahad (7/5/2023).

Erick pun memastikan perusahaan pelat merah terus mendampingi dan memfasilitasi para pelaku UMKM. Salah satunya melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement