Selasa 09 May 2023 18:57 WIB

Pendapatan dan Laba Pertamina NRE pada Kuartal I 2023 Lampaui Target

Pertamina NRE mencatatkan pendapatan 103,5 juta dolar AS selama kuartal I 2023.

Pertamina NRE sebagai subholding Pertamina yang fokus pada bisnis energi bersih, mencatatkan pendapatan 103,5 juta dolar AS selama kuartal I 2023.
Foto: Pertamina
Pertamina NRE sebagai subholding Pertamina yang fokus pada bisnis energi bersih, mencatatkan pendapatan 103,5 juta dolar AS selama kuartal I 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina NRE sebagai subholding Pertamina yang fokus pada bisnis energi bersih, mencatatkan pendapatan 103,5 juta dolar AS selama kuartal I 2023. Nilai ini sebesar 12 persen di atas target.

Begitu juga EBITDA (penghasilan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) dan laba bersih selama kuartal I 2023 masing-masing mencapai 78,3 juta dolar AS dan 31,3 juta dolar AS atau 18 persen dan 38 persen di atas target. Dari aspek operasional, produksi listrik Pertamina NRE di periode yang sama mencapai 1.185.279 MWh atau 9 persen di atas target dan nihil kecelakaan kerja.

Baca Juga

"Capaian positif tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh keluarga besar Pertamina NRE serta dukungan para pemangku kepentingan. Dan kami tidak semata-mata hanya mengutamakan kinerja keuangan dan operasional, melainkan juga HSSE. Sebagai perusahaan energi, aspek HSSE (health, safety, security and environmental) menjadi prioritas kami," ungkap Chief Executive Officer (CEO) Pertamina NRE Dannif Danusaputro dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Dannif mengatakan Pertamina NRE memiliki peran strategis dalam pencapaian aspirasi Pertamina untuk mencapai net zero emission tahun 2060, yaitu melalui pembangunan bisnis energi hijau dan bisnis baru. Tidak hanya di sektor pembangkitan listrik, Pertamina NRE juga fokus pada energi hijau di sektor lain, seperti hidrogen hijau, perdagangan karbon, nature based solution (NBS), dan baterai.

Menurut Dannif, inisiatif perdagangan karbon yang dilakukan Pertamina NRE saat ini fokus pada Pertamina group, di mana Pertamina NRE telah menandatangani komitmen bersama subholding Pertamina lainnya, seperti Pertamina Hulu Energi (PHE) , Kilang Pertamina Internasional (KPI), dan Patra Niaga. Bulan lalu, Pertamina baru menandatangani perjanjian perdagangan karbon bersama Patra Niaga dengan volume 1,8 juta ton emisi karbon ekuivalen untuk periode satu tahun. Sumber offset untuk inisiatif ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Lahendong Unit 5 dan 6.

"Perdagangan karbon yang dilakukan Pertamina NRE ini merupakan milestone penting tidak saja bagi Pertamina tapi juga di Indonesia. Inisiatif ini merupakan wujud konkret komitmen Pertamina dalam melakukan dekarbonisasi," ujar Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Fadli Rahman.

Prestasi lain yang tidak kalah penting adalah inisiatif pengembangan hidrogen bersih. Salah satu inisiatif hidrogen yang dilakukan Pertamina NRE adalah berkolaborasi dengan TEPCO (Tokyo Electric Power Company) di mana saat ini telah selesai dilakukan pre feasibility study. Proyek ini didukung oleh NEDO, lembaga riset dan pengembangan nasional Jepang, yang mendorong pengembangan teknologi dalam rangka membangun kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

Sedangkan di sektor pembangkitan, Pertamina NRE saat ini sedang melaksanakan proyek PLTS skala besar di Rokan, Riau dengan tahap pertama berkapasitas 25 MW. "Saat ini Pertamina NRE telah menyelesaikan pembangunan 17 MW. Kami targetkan 25 MW selesai di bulan Agustus 2023. PLTS Rokan adalah PLTS dengan kapasitas terbesar yang terpasang di hulu migas Indonesia," kata Direktur Operasi Pertamina NRE, Norman Ginting.

Sementara itu, Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 saat ini telah melalui proses sinkronisasi secara lancar dengan jaringan transmisi PLN baik Unit 1 maupun Unit 2, dan sedang dalam proses commissioning. Norman mengatakan ditargetkan PLTGU Jawa-1 akan mencapai tahap commercial operation date (COD) sekitar Agustus dan September.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement