Selasa 09 May 2023 16:18 WIB

Efek Berganda KTT Ke-42 ASEAN Bagi Ekonomi Labuan Bajo

Banyak sektor terdampak positif atas penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Labuan Bajo. KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo digelar pada 9 Mei hingga 11 Mei 2023
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Labuan Bajo. KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo digelar pada 9 Mei hingga 11 Mei 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa hari terakhir, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dipadati para tamu dari dalam negeri maupun mancanegara dengan tujuan sama, yaitu menghadiri perhelatan akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo digelar pada 9 Mei hingga 11 Mei 2023, dengan sejumlah pejabat tinggi akan menyelenggarakan pertemuan di main event, yaitu Hotel Meruroah dan AYANA Komodo Waecicu Beach.

Dalam keketuaan ini, Indonesia mengangkat tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth" yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia, dengan tujuan memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN, sehingga mampu menjawab tantangan dalam 20 tahun ke depan.

Baca Juga

Agenda akbar ini juga membahas mengenai ASEAN sebagai pusat pertumbuhan, dengan jumlah penduduk besar dan pertumbuhan ekonomi yang hampir selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia, diharapkan ASEAN terus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, resilien, dan berkelanjutan.

Konferensi ini juga akan mendorong roda perekonomian di berbagai kota di seluruh Indonesia, dan momentum untuk memperlihatkan kemajuan pembangunan, sehingga bisa menjadi daya tarik investasi asing ke Indonesia.

 

Efek Berganda

Penyelenggaraan KKT Ke-42 ASEAN berhasil menciptakan efek berganda (multiplier effect) bagi perekonomian sektor riil di wilayah Labuan Bajo dan sekitarnya, mulai dari penginapan yang sudah terpesan penuh hingga restoran yang selalu ramai oleh tamu setiap harinya. Salah satu penyedia layanan hotel, Front Office Manager Loccal Collection Hotel Rian Hidayat menyampaikan semua hotel di Labuan Bajo mendapatkan dampak positif dengan adanya KTT Ke-42 ASEAN saat ini, termasuk hotel yang pihaknya kelola.

Di Loccal Collection Hotel, dia mengungkapkan tamu yang menginap didominasi oleh para pejabat instansi pemerintah Indonesia hingga perwakilan delegasi dari negara luar.

Selama penyelenggaraan KTT KE-42 ASEAN mulai dari 7 Mei hingga 12 Mei 2023, dia menyebut kamar selalu terisi penuh dengan persentase keterisian kamar mencapai 100 persen.

"Kenaikannya luar biasa. Hari biasanya 60 sampai 70 persen (keterisian kamar), sekarang 100 persen terus," ujar Rian.

Kemudian, dia menyebut pemerintah memberikan pesan agar memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu, baik dari dalam negeri maupun delegasi dari luar negeri, selama penyelenggaraan KTT Ke-42 ASEAN

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement