Senin 08 May 2023 20:00 WIB

156 PSN Selesai Dibangun, Airlangga: Nilainya Rp 1.000 Triliun Lebih

Proyek Strategis Nasional (PSN) sudah berjalan selama delapan tahun.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Foto: Dok Republika
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, Proyek Strategis Nasional (PSN) sudah berjalan selama delapan tahun. Sepanjang itu, telah diselesaikan sebanyak 156 PSN.

"Nilainya lebih dari 1.000 triliun di seluruh Indonesia," ujar Airlangga dalam kegiatan Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Senin (8/5/2023). Ia menyebutkan, berbagai proyek tersebut meliputi jalan tol, bandara, bendungan, hingga Mass Rapid Transit (MRT).

Baca Juga

Dirinya menuturkan, MRT telah dirasakan masyarakat dan membuat lanskap Jakarta berubah. Meski saat ini rutenya baru dari selatan ke pusat.

"Dari pusat sampai utara sedang dalam proses, itu fase dua. Kemudian ada east-west, timur-barat juga sedang dalam proses," tutur dia.

Airlangga mengungkapkan, ada beberapa kendala yang masih ditemui saat menjalankan PSN. Di antaranya pembebasan lahan yang membuat proyek terhambat serta pembiayaan. 

Ia menegaskan, pembangun beragam PSN masih akan terus berjalan, meski nantinya pemerintah berganti. "Kalau saya lihat beberapa pembangunan yang sifatnya infrastruktur akan terus berjalan, contoh pembangunan jalan tol, setiap pemerintah membangun jalan," jelasnya.

Data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menunjukkan, pada 2021 total PSN yang sudah diselesaikan sebanyak 128 proyek, nilainya sebesar Rp 716,2 triliun. Lalu pada 2022 menjadi 153 proyek selesai dengan nilai Rp 1.040 triliun. Selanjutnya pada awal Mei 2023 total 156 proyek telah selesai, nilainya mencapai Rp 1.080,2 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement