Sabtu 06 May 2023 10:42 WIB

New Brio tak Dilengkapi Fitur Honda Sensing, Ini Alasan Honda

Honda sangat memperhatikan masala keselamatan di New Brio.

New Honda Brio diluncurkan di Jakarta, Jumat (5/5/2023).
Foto: Republika/Firkah Fansuri
New Honda Brio diluncurkan di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan model terbaru Honda Brio di Jakarta, Jumat (5/5/2023) sore. New Brio tampil dengan desain yang lebih sporty dan stylish serta fitur yang semakin lengkap.

 

Baca Juga

Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan New Honda Brio tersedia mulai tipe S M/T yang dijual dengan harga Rp 165,9 juta, tipe E M/T Rp 180,6 juta, dan tipe E CVT Rp 191,9 juta. Sementara New Honda Brio RS M/T dijual dengan harga Rp 233,9 juta dan tipe RS CVT dengan harga Rp 243,9 juta.

 

Namun dengan harga tersebut, tidak ada satu pun varian New Brio yang disematkan Honda Sensing. New Brio menjadi satu-satunya keluarga Honda di Indonesia yang variannya tidak dilengkapi Honda Sensing. Sebenarnya Mobilio  juga tidak ada fitur Honda Sensing. Namun Mobilio menurut sumber di HPM memang tidak ada generasi berikutnya. Hanya generasi pertama yang telah diluncurkan sejak 2013 sehingga wajar kalau tidak memiliki fitur Honda Sensing,

 

Menurut Billy walaupun tidak dilengkapi Honda Sensing bukan berarti Honda mengabaikan masalah keselamatan di New Brio. Ia mengatakan terkait fitur yang disematkan di sebuah produk harus dipelajari dengan mendalam. 

 

Target market dan konsumennya seperti apa sehingga pas tidak fitur Honda Sensing disematkan. Keselamatan penting. Namun fitur Honda Sensing nilainya sekitar Rp 20 juta dibandingkan  varian yang tidak ada Honda Sensing. Kenaikan harga tersebut kurang cocok untuk harga New Brio.

 

Billy mengatakan New Brio mendapat predikat 4 bintang yang berarti tingkat keselamatannya sudah sangat mencukupi. “HPM melakukan studi dan survei ke konsumen-konsumen dan target marketnya sehingga kalau ditambahkan Honda Sensing harganya akan bagaiana. Sekarang kita putuskan kualitas terbaik walaupun tanpa Honda Sensing,”  kata Billy sesuai peluncuran.

Honda Sensing adalah teknologi yang dirancang untuk keselamatan berkendara saat menggunakan mobil Honda. Sistem ini bekerja sebagai pendukung pengemudi untuk berkendara dengan aman. Cara kerja Honda Sensing yaitu dengan menggunakan sistem sensor yang mendeteksi lingkungan di sekitar mobil.

Teknologi ini juga menggunakan sistem komputerisasi untuk memberikan notifikasi, koreksi bahkan melakukan tindakan secara otomatis untuk mencegah terjadinya tabrakan. Kendati Honda Sensing bukan sepenuhnya autopilot, namun sistem ini sangat berguna untuk membantu pengemudi, termasuk pengemudi pemula untuk berkendara lebih aman. Mobil Honda yang telah dilengkapi Honda Sensing saat ini adalah Honda Accord, Honda Civic, Honda City Hatchback, Honda HR-V dan Honda BR-V.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement