Rabu 03 May 2023 22:32 WIB

Indonesia Targetkan Perekonomian ASEAN Tumbuh 4,3 Persen

KTT ke-42 ASEAN akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei

Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan  KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Pemandangan dari AYANA Komodo Waecicu Beach yang akan menjadi tempat kegiatan KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kemenlu Berlianto Situngkir mengatakan, pemerintah menargetkan perekonomian ASEAN mampu tumbuh mencapai 4,3 persen untuk tahun ini. Menurutnya, perekonomian negara-negara anggota ASEAN termasuk yang mempunyai resiliensi tinggi.

"Hingga data terakhir yang kami peroleh pada 2021, pertumbuhan itu 3,98 persen, berbanding dengan pertumbuhan global 2,6 persen. Ini jelas menunjukkan resiliensi ekonomi ASEAN terhadap guncangan," kata Berlianto, di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga

Upaya yang ditempuh untuk mencapai target tersebut yang akan coba direalisasikan oleh Pemerintah RI dalam KTT ke-42 ASEAN mendatang. Menurut Berlianto, dalam hal pertumbuhan ekonomi, ASEAN saat ini telah menjadi kekuatan kelima dari negara-negara maju di dunia.

Total Produk Domestik Bruto (PDB) ASEAN tercatat sebesar 3,3 triliun dolar AS, dan jumlah penduduk lebih dari 650 juta jiwa. Jumlah ini menempatkan pada posisi ketiga setelah China dan India.

 

Menurut Berlianto, keberhasilan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di ASEAN membutuhkan empat elemen utama. Diantaranya arsitektur kesehatan yang kuat, ketahanan pangan, ketahanan energi menuju transisi ekonomi bersih dan terbarukan, serta stabilitas keuangan di kawasan untuk mengantisipasi guncangan eksternal.

"Untuk mendukung tema Epicentrum of Growth, ASEAN perlu memperkuat keberadaannya dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian di kawasan, bukan hanya di ASEAN, melainkan juga di kawasan Indo-Pasifik," katanya pula.

Lebih lanjut, KTT ke-42 ASEAN akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei mendatang. Konferensi tersebut memiliki delapan agenda pertemuan. Tujuh dari delapan pertemuan itu nantinya dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Lalu, dilanjutkan dengan gelaran KTT ke-43 ASEAN yang akan diadakan pada bulan September 2023 mendatang di Jakarta.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement