Rabu 03 May 2023 07:58 WIB

Maskapai Go First India Ajukan Kebangkrutan

Go First terpaksa mengandangkan setengah pesawatnya.

Maskapai India Go First mengajukan kebangkrutan pada Selasa (2/5/2023).
Foto: Go First
Maskapai India Go First mengajukan kebangkrutan pada Selasa (2/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGALURU -- Maskapai penerbangan India, Go First, mengajukan kebangkrutan pada Selasa (2/5/2023). Perusahaan menyalahkan mesin milik perusahaan Pratt & Whitney yang "rusak" yang menyebabkan Go First terpaksa mengandangkan sekitar setengah armadanya.

Langkah tersebut menandai keruntuhan maskapai besar pertama di India sejak Jet Airways mengajukan kebangkrutan pada 2019. Ini juga menggarisbawahi persaingan sengit di sektor yang didominasi oleh IndiGo dan penggabungan Air India dan Vistara baru-baru ini di bawah konglomerat Tata.

Baca Juga

"Total utang Go First kepada kreditor keuangan adalah 65,21 miliar rupee pada 28 April," tulis perusahaan dalam pengajuan kebangkrutan ke Pengadilan Hukum Perusahaan Nasional.

Perusahaan tidak menunggak salah satu dari iuran tersebut pada 30 April, tetapi telah menunggak pembayaran kepada kreditur operasional, termasuk 12,02 miliar rupee kepada vendor dan 26,60 miliar rupee kepada penyewa pesawat, katanya dalam pengajuan.

Dalam sebuah pernyataan, Go First mengatakan pengajuan kebangkrutan ini mengikuti penolakan oleh Pratt & Whitney, pemasok mesin eksklusif untuk armada pesawat Airbus A320neo, yang mematuhi perintah arbitrase untuk melepaskan mesin sewaan cadangan yang akan memungkinkan maskapai kembali ke operasi penuh.

Pesawat yang di-grounded karena kerusakan mesin Pratt & Whitney menggelembung dari tujuh persen armadanya pada Desember 2019 menjadi 50 persen pada Desember 2022. Ini menelan biaya 108 miliar rupee dalam bentuk kehilangan pendapatan dan biaya tambahan.

Pratt & Whitney mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters bahwa berkomitmen untuk kesuksesan pelanggan maskapai. "Kami terus memprioritaskan jadwal pengiriman untuk semua pelanggan. P&W mematuhi putusan arbitrase Maret 2023 terkait Go First. Karena ini sekarang masalah litigasi, kami tidak akan berkomentar lebih lanjut," katanya.

Analis mengatakan saingan yang lebih besar, IndiGo, mampu menahan dampak dengan lebih baik, berkat armadanya yang lebih besar dan kantong yang lebih dalam.

Go First, dimiliki oleh Grup Wadia dan sebelumnya dikenal sebagai GoAir, mengatakan di situsnya bahwa pihaknya telah membatalkan penerbangan yang dijadwalkan pada 3 Mei hingga 5 Mei karena alasan operasional.

"Pemerintah India telah membantu maskapai dengan segala cara yang memungkinkan," kata Menteri Penerbangan Sipil India Jyotiraditya Scindia dalam sebuah pernyataan. 

"Masalah ini juga telah diangkat dengan para pemangku kepentingan yang terlibat."

Keruntuhan itu dapat mendorong maskapai saingan karena industri mencoba memenuhi lonjakan perjalanan udara pasca-pandemi.

"Gangguan tiba-tiba dalam operasi kemungkinan akan menguntungkan pemain lain dan meningkatkan tarif penerbangan karena kendala pasokan," tulis Jinesh Joshi, seorang analis riset Prabhudas Lilladher.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement