Selasa 02 May 2023 00:07 WIB

Citroen Siapkan New C3 Aircross Tujuh Tempat Duduk untuk Pasar Indonesia

Sebelum masuk Indonesia, Citroen New C3 Aircross diluncurkan di India.

Citroen C3 Aircross
Foto: Carscoops
Citroen C3 Aircross

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Banyak pembuat mobil menghadirkan model global, tetapi Citroen mengikuti strategi lain. Membedakan penawarannya agar dapat memenuhi kebutuhan individu di setiap pasar dengan lebih baik. 

 

Baca Juga

Dalam konteks itu, Citroen New C3 Aircross adalah B-SUV bertenaga ICE diciptakan untuk pasar India, Asia Tenggara di dalamnya termasuk Indonesia, dan Amerika Selatan. Namun New C3 Aircross ini berbeda dari C3 Aircross untuk Eropa. Produk baru Citroen ditawarkan dalam konfigurasi lima dan tujuh tempat duduk.

 

Seperti saudaranya di Eropa, New C3 Aircross termasuk dalam segmen B-SUV (subcompact). Namun, dengan panjang 4,32 m (170,1 inci), ini lebih panjang 170 mm (6,7 inci) dari C3 Aircross spesifikasi UE yang keluar. Ini juga lebih panjang 339 mm (13,3 inci) dari New C3 yang sudah ditawarkan di pasar India dan Amerika Selatan.

 

Bisa ditebak, New C3 Aircross terlihat seperti kakak dari New C3. Model ini mengadopsi kuda-kuda SUV dengan lampu depan terpisah, spatbor terpahat, kelongsong plastik, lampu belakang berbentuk C, kaca depan sampul, dan livery duo-tone. 

 

Pembuat mobil Prancis ini telah menghadirkan lambang barunya, tetapi B-SUV mempertahankan chevron ganda di gril sebagai salah satu model baru terakhir yang mendapatkannya. Perusahaan mengatakan bahwa akan ada "variasi kecil antara setiap pasar" meskipun mereka tidak menentukannya. Masih harus dilihat seberapa berbeda tampilan C3 Aircross spek UE dalam hal desain eksterior dan interior.

photo
Interior kabin Citroen C3 Aircross - (Carscoops)

 

 

 

 

Di dalam, dasbornya diambil dari New C3, termasuk kluster instrumen digital 7 inci dan layar sentuh infotainment 10 inci yang tersedia dalam trim yang lebih tinggi. Selain model lima tempat duduk, ada juga varian tujuh tempat duduk dengan tata letak 2+3+2. Opsi tiga baris memberi Citroen New C3 Aircross keunggulan kompetitif di Amerika Selatan, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan di India dan Indonesia di mana SUV dan MPV tujuh tempat duduk terbukti cukup populer.

 

Ruang kargo memiliki kapasitas antara 482-511 lt (17-18 kaki kubik) dalam konfigurasi lima tempat duduk, dengan baris ketiga dapat dilepas. Fitur lainnya termasuk jok Citroen yang berorientasi kenyamanan, AC bertenaga, dan "modul ventilasi" khusus untuk penumpang belakang yang dipasang di atap. Kepraktisan semakin ditingkatkan dengan lima port USB untuk pengisian daya, penyimpanan dalam kabin, dan tempat gelas yang berfungsi ganda sebagai tempat smartphone.

 

C3 Aircross baru ini didasarkan pada versi arsitektur CMP yang diperluas yang juga akan digunakan oleh C3 Aircross spek UE, meskipun dengan opsi penyetelan dan powertrain yang berbeda. R&D model dilengkapi dengan "input regional", menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan lokal.

photo
Citroen C3 Aircross - (Carscoops)
 

 

 

 

 

 

 

SUV ini awalnya akan ditawarkan dengan mesin bensin PureTech 1.2 liter turbocharged non-listrik yang dikawinkan dengan transmisi manual enam kecepatan yang mengirimkan tenaga ke gardan depan. Namun, ground clearance 200 mm (7,9 inci) yang dipadukan dengan penyetelan suspensi, kekakuan torsional, dan struktur bagian bawah bodi mobil membuatnya mampu dalam skenario off-road ringan dan jalan kasar di pasar khusus tersebut.

 

Citroen New C3 Aircross akan diproduksi di dua lokasi – Porto Real, Brasil, dan Thiruvallur, India. Peluncuran pasar di India dan Amerika Selatan diharapkan pada akhir tahun 2023, dengan Indonesia mengikuti pada tahun 2024. Sedangkan untuk Eropa, akan mendapatkan Aircross C3 sendiri dalam beberapa bulan ke depan.

 

Perusahaan mengatakan bahwa New C3 Aircross adalah yang kedua dari tiga model baru “khusus ditujukan untuk pasar internasional yang berkembang di bawah program C-Cubed Citroën” antara tahun 2022 dan 2024, mengikuti New C3. Terbantu oleh strategi ini, Stellantis berharap 30 persen penjualan kendaraan global Citroen akan datang dari pasar di luar Eropa pada tahun 2025.

 

 

 

sumber : Carscoops
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement