Rabu 26 Apr 2023 15:04 WIB

Pemilik Musti Tahu! Ini Tips Mudah Merawat Kendaraan Listrik

Pemilik wajib tahu bahwa baterai kendaraan listrik tidak boleh benar-benar kosong

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kendaraan listrik kini menjadi perhatian publik, terlebih setelah pemerintah memutuskan untuk memberikan bantuan subsidi kepada masyarakat yang hendak membelinya. Marketing Manager PT Selis Retail Indonesia, Imam Subari, berbagi tips dalam merawat kendaraan listrik yang dia sebut tidak sulit.
Foto: Lembah P/Republika
Kendaraan listrik kini menjadi perhatian publik, terlebih setelah pemerintah memutuskan untuk memberikan bantuan subsidi kepada masyarakat yang hendak membelinya. Marketing Manager PT Selis Retail Indonesia, Imam Subari, berbagi tips dalam merawat kendaraan listrik yang dia sebut tidak sulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendaraan listrik kini menjadi perhatian publik, terlebih setelah pemerintah memutuskan untuk memberikan bantuan subsidi kepada masyarakat yang hendak membelinya. Marketing Manager PT Selis Retail Indonesia, Imam Subari, berbagi tips dalam merawat kendaraan listrik yang dia sebut tidak sulit.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kendaraan listrik,” ujar Imam lewat keterangannya, Rabu (26/4/2023).

Tips pertama, jangan biarkan baterai kendaraan listrik kosong. Imam menjelaskan, baterai merupakan sumber energi untuk dinamo menggerakkan roda. Jika baterai motor listrik kosong, maka kinerja motor akan menurun dan rentan rusak. Hal yang sama dengan motor konvensional yang akan mati jika bensin kosong atau habis.

“Segera lakukan pengisian daya baterai jika indikator baterai sudah menunjukkan 25 persen atau menyisakan satu bar. Hal ini juga akan membantu untuk memperpanjang umur pemakaian baterai,” jelas dia.

Lalu, tips kedua adalah melakukan pengisian daya secara rutin. Imam menerangkan, meskipun dalam keadaan mati, motor listrik tetap menggunakan baterai untuk beberapa fungsi, seperti alarm. Karena itu, mengisi daya baterai secara rutin perlu dilakukan agar baterai pada motor listrik awet dan performanya tetap terjaga.

“Namun, jangan lupa langsung cabut baterai ketika daya baterai sudah terisi full/penuh. Dalam buku manual motor listrik Selis, terdapat maksimal durasi pengisian daya baterai yang perlu kamu ikuti,” kata Imam.

Kemudian, pengisian daya perlu dilakukan minimal sepekan sekali. Dia menjelaskan, meskipun benar-benar tidak menggunakan motor listrik, pemiliknya tetap harus melakukan pengisian baterai setidaknya sepekan sekali.

“Lakukan beberapa jam saja dan tidak perlu terlalu lama demi menjaga baterai agar tetap awet,” ujar dia.

Imam mengungkapkan, yang tak kalah penting untuk diingat adalah selalu gunakan baterai dan alat pengisian orisinal. Dia menjelaskan, baterai dan alat pengisian baterai setiap motor listrik datang satu paket. Alat pengisian baterai itu sudah mengikuti karakteristik baterai yang kamu gunakan.

“Oleh karena itu, gunakan alat pengisian baterai yang memang dibuat untuk mengisi kapasitas dari baterai yang kamu miliki,” jelas dia.

Pemerintah memberikan bantuan pembelian kendaraan listrik kepada masyarakat. Selis menjadi salah satu merek motor listrik yang dapat menerima bantuan pembelian tersebut dengan seri Selis E-Max dan Selis Agats yang mereka miliki.

“Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan pembelian tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengunjungi Selis Center terdekat atau melalui pendaftaran online,” kata dia.

photo
Hasil Survei Motor Listrik Netizen Republika - (Lembah P/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement