Rabu 26 Apr 2023 06:05 WIB

Tahan Dulu Keinginan untuk Beli MacBook Baru, Ini Alasannya

Apple bakal meluncurkan MacBook Air dengan layar 15 inci.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple bakal meluncurkan MacBook Air dengan layar 15 inci.  Terobosan itu disebut sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan MacBook yang menurun./ilustrasi
Foto: EPA
Apple bakal meluncurkan MacBook Air dengan layar 15 inci. Terobosan itu disebut sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan MacBook yang menurun./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika ada rencana untuk membeli MacBook baru dalam waktu dekat, ada baiknya menunda dahulu keputusan itu. Alasannya, sebuah laporan terkini menunjukkan bahwa versi MacBook Air yang lebih anyar dan lebih baik disinyalir segera hadir.

Dikutip dari laman Express, Rabu (26/4/2023), keuntungan dari seri baru perangkat itu adalah layar yang jauh lebih besar. Menurut laporan Bloomberg, Apple bakal meluncurkan MacBook Air dengan layar 15 inci.

Baca Juga

Terobosan itu disebut sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan MacBook yang menurun. Sebagai perbandingan, versi terbaru 2022 dari laptop populer itu hanya berukuran 13,6 inci secara diagonal, yang berarti versi barunya punya layar jauh lebih besar.

MacBook Air baru diharapkan tersedia untuk publik akhir tahun ini, dilengkapi chip M2 yang sama dengan versi sebelumnya. Selain chip serupa, MacBook Air 15 inchi juga diharapkan menampilkan resolusi 3024 x 1964 yang sama dengan MacBook Pro 14 inci.

Namun, mengingat layarnya yang lebih besar, ada prediksi bahwa gambarnya cenderung terlihat kurang tajam, karena pikselnya akan direntangkan untuk mengisi ruang tambahan. Tetap saja, jika dibandingkan dengan MacBook Air saat ini yang memiliki layar 13,6 inchi dan resolusi asli 2560x1664, itu merupakan peningkatan yang signifikan.

Meskipun tidak ada konfirmasi kapan perangkat baru ini akan dirilis, Apple dilaporkan sedang menguji MacBook dengan macOS 14. Sistem operasi itu rencananya akan diungkap ke publik di ajang Worldwide Developers Conference pada bulan Juni 2023.

Selain MacBook Air yang lebih besar, raksasa teknologi Amerika Serikat tersebut juga dilaporkan tengah menguji berbagai Mac. Beberapa di antaranya adalah MacBook Air 13 inci baru, iMac 24 inci, dan MacBook Pro 13 inci.

Semuanya diharapkan hadir dengan chip M3 dengan proses 3nm yang baru dan lebih efisien. Kabar lain berdasarkan laporan Bloomberg, tahun depan publik mungkin akan disuguhi versi baru MacBook Pro 14 inci dan 16 inci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement