Jumat 21 Apr 2023 13:08 WIB

Ribuan Umat Islam di Indramayu Gelar Sholat Id Hari Ini

Banyaknya jamaah membuat lokasi tersebut terlihat tidak bisa lagi menampung jamaah. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Ratusan umat Islam melaksanakan sholat Idul Fitri di halaman Gedung Dakwah Muhammadiyah Indramayu, Jumat (21/4/2023).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Ratusan umat Islam melaksanakan sholat Idul Fitri di halaman Gedung Dakwah Muhammadiyah Indramayu, Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ribuan umat Islam di Kabupaten Indramayu menggelar sholat Idul Fitri 1444 Hijriah, Jumat (21/4/2023). Pelaksanaan sholat Id dilakukan di sejumlah lokasi yang sebelumnya telah ditentukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Indramayu.

Salah satu lokasi pelaksanaan sholat Idul Fitri itu adalah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Indramayu, di Jalan Yos Sudarso Kecamatan Indramayu.

Berdasarkan pantauan Republika, sejak sekitar pukul 06.00 WIB, para jamaah berduyun-duyun mendatangi gedung tersebut. Banyaknya jamaah membuat lokasi tersebut terlihat tidak bisa lagi menampung jamaah.

Akibatnya, sejumlah jamaah ada yang memilih sholat di kebun samping gedung dakwah. Adapula yang menggunakan bangunan lain yang ada di belakang gedung tersebut.

Meski demikian, pelaksanaan sholat Id berlangsung dengan khusyuk. Para jamaah pun terlihat mendengarkan khutbah dengan seksama, yang disampaikan oleh khotib, H Warmin Permana.

‘’Kirain gak seramai ini, ternyata penuh sekali,’’ kata salah seorang jamaah sholat Id, Susi (44).

Susi melaksanakan sholat Idul Fitri bersama suami dan dua anaknya. Meski diakuinya, keluarga besarnya baru akan merayakan lebaran Idul Fitri pada esok hari, Sabtu (22/4/2023). ‘’Ya kami saling menghormati,’’ kata Susi.

Tak hanya di Gedung Dakwah Muhammadiyah Indramayu, pelaksanaan sholat Idul Fitri hari ini juga digelar di berbagai lokasi lainnya. Berdasarkan surat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Indramayu, secara keseluruhan ada 12 titik lokasi pelaksanaan sholat Id yang tersebar di sembilan kecamatan.

Adapun 12 lokasi itu, yakni :1. Gedung Dakwah Muhammadiyah Indramayu, Kecamatan Indramayu,  2. Halaman Prg Muh Juntikebon, Kecamatan Juntinyuat, 3. Halaman Prg Muh Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat, 4. Halaman SMK Muh Segeran, Kecamatan Juntinyuat

5. Lapangan Bola Benda, Kecamatan Karangampel, 6. Halaman Masjid Mustaqim, Kecamatan Kedokanbunder. 7. Lapangan Prg Muh Jatibarang, 8. Lapangan Masjid Al Furqon, Bulak, Kecamatan Jatibarang, 9. Lapangan Masjid Ahmad Dahlan Kecamatan Kadnanghaur, 10. Lapangan Masjid Al Jihad Kecamatan Patrol, 11. Alun-alun Haurgeulis, dan 12. Halaman SMK Mutu Terisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement