Senin 24 Apr 2023 06:35 WIB

Trik Susun Barang di Mobil Agar Tetap Efektif

Barang bawaan di mobil harus diatur agar nyaman saat berkendara.

Persiapan mudik tetap harus dilakukan secara matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyusun koper dalam mobil agar barang bawaan terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.
Foto: Unsplash
Persiapan mudik tetap harus dilakukan secara matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyusun koper dalam mobil agar barang bawaan terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama musim mudik, kendaraan pribadi seperti mobil menjadi pilihan favorit untuk pergi ke kampung halaman. Meskipun sudah menjadi rutinitas tahunan, persiapan mudik tetap harus dilakukan secara matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyusun koper dalam mobil agar barang bawaan terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Asisten Kepala Departemen Servis PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi dalam keterangan pers, Jumat, mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pemilik mobil ketika hendak mengatur barang bawaan di bagasi mobil agar terlihat rapi dan tersusun secara aman selama perjalanan.

Baca Juga

"Ketika hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, pengendara harus memperhatikan keterbatasan ruang dalam bagasi mobil Anda. Tentukan barang-barang penting yang sangat diperlukan sehingga membawa dan menata barang jadi lebih efektif," ucap Hariadi. Apa sajakah?

1. Optimalkan prinsip center of gravity

Pemudik dapat mengatur barang-barang bawaan dengan meletakkan barang dengan bobot paling berat dan dimensi paling besar di bagian paling bawah.

Setelah barang yang paling berat dan besar, susunan di atasnya disusul dengan barang yang ukurannya lebih ringan yang dapat ditumpuk untuk menghindari kerusakan barang akibat tertumpuk benda berbobot lebih berat karena adanya gaya gravitasi.

Untuk koper atau tas dengan isi barang-barang berharga seperti laptop, ponsel atau dompet sebaiknya diletakkan di bagian paling atas dan tidak ditumpuk barang lain agar terhindar dari kerusakan serta lebih mudah untuk diambil.

2. Pastikan beban seimbang antara sisi kanan dan kiri mobil

Dalam meletakkan barang dan koper, keseimbangan antara beban di sisi kanan mobil harus relatif disamakan dengan beban di sisi kiri mobil untuk menghindari efek limbung yang dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil. Kondisi limbung dapat terjadi jika beban lebih berat di salah satu sisi, di mana suspensi dan ban mobil akan mengalami tekanan yang tidak seimbang.

Selanjutnya, perhatikan pengaturan interlock (barang saling mengunci). Pengendara harus memperhatikan posisi barang sebisa mungkin rapat ke bagian bodi mobil bagian kanan dan kiri, serta tidak menyisakan ruang kosong yang dapat menyebabkan barang bergeser. Adanya pergeseran barang dapat menimbulkan kerusakan karena goncangan atau gesekan antar barang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement