Kamis 20 Apr 2023 11:25 WIB

Lebaran Tahun Ini, Ridwan Kamil tak akan Menggelar Open House

Warga yang ingin halal bi halal dengan Gubernur bisa sholat di Masjid Al Jabbar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran pejabat Pemprov Jawa Barat dipastikan tidak akan menggelar open house.  Warga yang ingin halal bihalal dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa memanfaatkan momen sholat Idulfitri yang akan dipusatkan Pemprov Jabar di Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ). (ilustrasi).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran pejabat Pemprov Jawa Barat dipastikan tidak akan menggelar open house. Warga yang ingin halal bihalal dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa memanfaatkan momen sholat Idulfitri yang akan dipusatkan Pemprov Jabar di Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Berbeda dengan lebaran sebelumnya, tahun ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran pejabat Pemprov Jawa Barat dipastikan tidak akan menggelar open house. Padahal, biasanya setiap tahun kegiatan open house menjadi agenda rutin.

Tak digelarnya agenda rutin ini, mengikuti arahan Presiden Jokowi yang dikuatkan Surat Sekretariat Kabinet tertanggal 24 Mart 2022 bernomor R-0055/Seskab/DKK/3/2022 yang diteken Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Ika Mardiah, open house gubernur, wakil gubernur dan sekda di Jabar tak akan ada. "Tidak ada (open house)," ujar Ika saat dihubungi Kamis (20/4/2023).

Ika mengatakan, warga yang ingin halal bihalal dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa memanfaatkan momen sholat Idulfitri yang akan dipusatkan Pemprov Jabar di Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ).

Dari agenda yang dipersiapkan, kata Ika, Gubernur Ridwan Kamil akan berada di Al Jabbar hingga pukul 7 lebih setelah shalat Idulfitri. Pelaksanaan Salat Idulfitri di MRAJ akan dimulai pukul 06.00-08.00 Wib. Sebagai imam adalah KH Rif'at Aby Syahid yang merupakan Pengasuh Pesantren Alquran Alfalah 1 Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Sedangkan untuk khatib adalah Rektor UIN Sunan Gunung Djati ( SGD) Bandung Prof Mahmud. "Rencananya Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan hadir dalam pelaksanaan Sholat Id di Masjid Raya Al Jabbar ini," kata Ika.

Pelaksanaan Sholat Id di MRAJ terbuka bagi masyarakat untuk ikut hadir. Diimbau bagi yang ingin melaksanakan Sholat Id membawa alas salat bukan koran, tempat penyimpanan sandal, dan menjaga kebersihan masjid dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat juga dapat mengikuti arahan petugas masjid untuk pengaturan ketertiban parkir kendaraan di kawasan Masjid Raya Al Jabbar dan hadir tepat waktu," papar Ika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement