Tol Cikampek Mulai Terapkan One Way, Lalu Lintas Pemudik Lancar

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Selasa 18 Apr 2023 17:51 WIB

Kendaraan pemudik melintas di gerbang Tol Cikampek Utama Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Arus laliu lintas tol Jakarta-Cikampek hingga gerbang Tol Cikampek Utama terpantau ramai lancar. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Kendaraan pemudik melintas di gerbang Tol Cikampek Utama Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Arus laliu lintas tol Jakarta-Cikampek hingga gerbang Tol Cikampek Utama terpantau ramai lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk atas diskresi Kepolisian mulai menerapkan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way, Selasa (18/04/2023) sejak pukul 14.50 WIB dari KM 72 Cikampek Jalan Tol Cipali sampai KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Pemberlakuan tersebut diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya atau arah barat telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai dengan Cikampek.

Corporate Communication Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan, pelaksanaan one way sesuai jadwal dalam Surat Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tanggal 5 April 2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H.

"Dengan diberlakukannya one way dari KM 72 Cikampek, pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta masih bisa mengakses GT Cikampek Utama untuk menuju arah Jakarta. Hingga saat ini, Jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Layang MBZ yang menuju arah timur di Jalan Tol Trans Jawa masih terpantau ramai lancar," kata Lisye dalam keterangan tertulisnya.

Adapun bagi pengguna jalan yang melalui one way, pihak Kepolisian mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima.

Pengendara juga dilarang berhenti di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dilarang untuk pindah jalur, dilarang pindah lajur secara tiba-tiba, selalu mematuhi batas kecepatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

"Pengunaan jalur one way hanya untuk tujuan ke Semarang, pengguna jalur one way dapat menggunakan rest area pada jalur kanan (arah sebaliknya), serta pastikan kecukupan saldo e-toll, BBM dan perbekalan," ujarnya.

Adapun saat ini GT Cikampek Utama tengah beroperasi optimal dengan 20 gardu tol operasi serta penyiagaan 14 unit mobile reader untuk melayani transaksi ke arah timur di Trans Jawa. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi jam favorit pengguna jalan untuk melakukan perjalanan mudik, yaitu setelah berbuka puasa, yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Aktif untuk perbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini yang telah dilengkapi dengan fitur Push Notification berbasis koordinat GPS hingga fitur WhatsApp berbasis Artificial Intelligence yang terhubung dengan Live Agent yang akan menjawab permintaan bantuan dan informasi lalu lintas.

Terpopuler