Selasa 18 Apr 2023 16:00 WIB

Erick Thohir Dorong Kereta Api Jadi Transportasi Utama Saat Mudik

Kereta api menjadi alternatif transportasi mudik yang mudah, cepat, dan tepat.

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung kesiapan layanan PT KAI dalam menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).
Foto: Dok. Republika
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung kesiapan layanan PT KAI dalam menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN, Erick Thohir menolak dikotomi golongan di masyarakat dalam penggunaan moda transportasi umum untuk kepentingan mudik tahun ini. Ia menegaskan, BUMN tidak pernah membeda-bedakan moda transportasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya tidak mau dikutip, bahwa moda transportasi ini untuk orang kaya dan yang ini untuk kalangan miskin. Tidak. Kami harus melayani semua. Apalagi dengan ada BUMN di kereta api, pesawat, dan juga laut, maka kami menyediakan alternatif. Saya tahu banyak yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, namun dengan kemacetan yang tidak pasti, maka masyarakat harus menghitung segala hal, seperti waktu, bahan bakar, dll," jelas Erick Thohir di Stasiun Senan, Jakarta saat meninjau kesiapan mudik PT Kereta Api Indonesia (KAI), Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Erick menambahkan bahwa dirinya lebih menekankan penggunaan kereta api sebagai moda transportasi utama di setiap momen mudik karena lebih mudah, cepat, dan tepat. Terlebih jika ingin menekan penggunaan kendaraan pribadi, maka Erick menilai kereta api sebagai pilihan yang tepat.

"Sejak awal, karena lebih mudah, tepat, dan cepat, saya dorong kereta api sebagai alternatif. Namun untuk yang mampu, silahkan pilih pesawat. Selain ada Garuda, juga ada Citilink, atau Pelita yang terus kita tingkatkan layanannya sebagai solusi untuk mengatasi permintaan tinggi saat mudik. Kami juga siapkan jalan tol. Tapi jika volume kendaraan meningkat terus, makan kembali, kereta akan menjadi satu-satunya solusi transportasi darat," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement