Selasa 18 Apr 2023 09:14 WIB

Damri Layani Rute di Tiga Provinsi Dukung Mudik Gratis

Damri bersinergi dengan sejumlah pihak untuk bantu masyarakat mudik.

Perusahaan Umum (Perum) Damri melayani rute di tiga provinsi masing-masing Kalimantan Barat (Kalbar), Jawa Timur (Jatim), dan Banten untuk mendukung penyelenggaraan mudik gratis Lebaran 2023.
Foto: Antara/Dedi
Perusahaan Umum (Perum) Damri melayani rute di tiga provinsi masing-masing Kalimantan Barat (Kalbar), Jawa Timur (Jatim), dan Banten untuk mendukung penyelenggaraan mudik gratis Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Umum (Perum) Damri melayani rute di tiga provinsi masing-masing Kalimantan Barat (Kalbar), Jawa Timur (Jatim), dan Banten untuk mendukung penyelenggaraan mudik gratis Lebaran 2023. Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri mengatakan Damri bersinergi dengan beberapa pihak penyelenggara untuk membantu masyarakat agar bisa mudik menggunakan jalur darat dengan aman dan nyaman.

"Damri ikut berperan dalam menyediakan fasilitas mudik gratis untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan di musim mudik Lebaran," ucap Fikri dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Khusus layanan mudik gratis di wilayah Kalbar, Damri bersinergi dengan Pemprov Kalbar, Polda Kalbar, Bank Kalbar, dan sejumlah mitra kerja sama.

Damri mengerahkan 10 armada dengan rincian, yakni kuota 1.000 penumpang, jadwal keberangkatan pada Rabu (19/4) pukul 08.00 WIB, lokasi keberangkatan di Kantor Gubernur Kalbar. Rute yang dilayani ialah Pontianak-Mempawah-Singkawang-Sambas, Pontianak-Ngabang-Bengkayang, Pontianak-Sanggau-Sekadau-Sintang-Melawi-Kapuas Hulu, dan Pontianak-Tayan-Sandai-Nanga Tayap (Ketapang).

Berikutnya untuk wilayah Jatim, Damri bersinergi dengan PT INKA dan Pemprov Jatim. Damri mengerahkan 17 armada dengan informasi sebagai berikut. Kuota 480 penumpang, jadwal keberangkatan 18-20 April 2023 pukul 08.00 WIB.

Detil operasional, yakni pada 18 April 2023. Keberangkatan dari pool Damri di Jalan Jagir Sidosermo tujuan ke Ponorogo-Situbondo-Banyuwangi dan Jember-Banyuwangi.

Pada 19 April 2023, keberangkatan dari Kantor Dinas Perhubungan Jatim tujuan ke Bojonegoro. Lalu, ada keberangkatan dari Kantor PT Puspo Agro Surabaya tujuan ke Jember-Banyuwangi. Untuk keberangkatan dari Universitas Airlangga tujuan ke Sumenep, Bojonegoro, dan Jember-Banyuwangi. Kemudian pada 20 April 2023, keberangkatan dari Kantor PWNU Surabaya tujuan ke Jember-Banyuwangi.

Untuk layanan mudik gratis dari Banten, Damri bersinergi dengan Pemprov Banten dengan mengerahkan 20 armada dengan detil operasional, yaitu kuota 960 penumpang, jadwal keberangkatan Ahad (23/4/2023) pukul 15.30 WIB.

Lokasi keberangkatan dari Pusat Pemerintahan Banten (KP3B) dengan rute layanan, yakni Serang-Tasikmalaya, Serang-Cirebon, Serang-Garut, Serang-Brebes,

Serang-Banyumas, Serang-Magelang, Serang-Semarang, Serang-Surakarta, Serang-Yogyakarta , dan Serang-Lampung.

Damri mengharapkan dapat memberikan layanan yang prima sehingga pelanggan dapat merasa aman dan berkesan ketika melakukan perjalanan mudik bersama Damri. "Damri memfasilitasi pergerakan antarkota dan provinsi melalui perjalanan darat untuk mengakomodasi keperluan masyarakat dari pusat pendidikan hingga perekonomian menuju kota asalnya menjadi lebih dekat," ucap Fikri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement